Penulis Topik: bagaimana penerapan rangkaian listrik dalam kehidupan sehari-hari?  (Dibaca 10478 kali)

Offline Masdio

  • Pro500
  • ******
  • Tulisan: 764
  • Reputation: 8502
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Blognya Mas Dio
bagaimana penerapan rangkaian listrik dalam kehidupan sehari-hari?
« pada: November 01, 2011, 06:20:04 PM »
seperti pertanyaan topik, bagaimana penerapan rangkaian listrik campuran, paralel dan seri dalam kehidupan sehari-hari?
Linuxer yang dilema spesifikasi komputer, numpang belajar Antivirus-antivirusan juga. :P

Beranda Masdio
www.masdio.uni.me


AfsLab

Offline Ki@mhu

  • MoMod
  • Pro500
  • *****
  • Tulisan: 1.579
  • Reputation: 790
  • Jenis kelamin: Pria
  • Bodoh + Belajar = Pintar; Pintar - Belajar = Bodoh
    • Lihat Profil
    • My Blog
Re: bagaimana penerapan rangkaian listrik dalam kehidupan sehari-hari?
« Jawab #1 pada: November 01, 2011, 06:33:40 PM »
Kuliah bidang listrik yah gan?? :)

Offline Masdio

  • Pro500
  • ******
  • Tulisan: 764
  • Reputation: 8502
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Blognya Mas Dio
Re: bagaimana penerapan rangkaian listrik dalam kehidupan sehari-hari?
« Jawab #2 pada: November 01, 2011, 06:37:31 PM »
Kuliah bidang listrik yah gan?? :)
gak, cuma dapat tugas dasar listrik. ane aja kelas 1SMK jrsn TKJ. :D Msh lama menuju kuliah...
Linuxer yang dilema spesifikasi komputer, numpang belajar Antivirus-antivirusan juga. :P

Beranda Masdio
www.masdio.uni.me


AfsLab

Offline Ki@mhu

  • MoMod
  • Pro500
  • *****
  • Tulisan: 1.579
  • Reputation: 790
  • Jenis kelamin: Pria
  • Bodoh + Belajar = Pintar; Pintar - Belajar = Bodoh
    • Lihat Profil
    • My Blog
Re: bagaimana penerapan rangkaian listrik dalam kehidupan sehari-hari?
« Jawab #3 pada: November 01, 2011, 07:04:36 PM »
Maksud pertanyaannya itu gmn? Bisa lebih diperjelas?
Apakah menyangkut penerapan di lokasi tertentu atau bagaimana cara mengaplikasikannya? :)
« Edit Terakhir: November 01, 2011, 08:31:25 PM oleh Ki@mhu »

MANGGOLO

  • Pengunjung
Re: bagaimana penerapan rangkaian listrik dalam kehidupan sehari-hari?
« Jawab #4 pada: November 01, 2011, 08:03:10 PM »
seperti pertanyaan topik, bagaimana penerapan rangkaian listrik campuran, paralel dan seri dalam kehidupan sehari-hari?
aduh gimana jelasinnya ya agak repot sih kalau nggak lihat langsung
gini aja dari pararel dulu,coba perhatikan rangkaian berikut ini
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
dari ketiga lampu tersebut masing masing lampu mendapat tegangan yang sama atau sama terangnya
semua lampu yang ada di perumahan rata rata menggunakan system pararel dalam merakitnya.

untuk rangkaian seri biasanya di terapkan dalam pemasangan baterai senter yang konvensional ( biasa ) dimana kutub ( + ) positif baterai yang paling bawah di hubungkan dengan kutup ( - ) negatif yang di atasnya total tegangan yang dihasilkan adalah jumlah dari tegangan tiap-tiap baterai yang di seri tersebut.
kalau kita merangkai secara seri dua buah baterai @ = 1,5 V maka tegangan yang di hasilkan dari rangkaian kedua buah baterai tersebut menjadi 3 V

contoh rangkaian seri


sedangkan rangkaian seri pararel adalah penggabungan dari rangkaian seri dan pararel biasanya rangkaian ini banyak di terapkan di kendaraan bermotor.contoh rangkaian sein ( lampu riting ) dimana flasernya di seri dengan skakel riting yang di tangan dan lampu riting depan belakangnya di rakit secara pararel

coba perhatikan artikel ini http://indter.com/zona-motor/kumpulan-wiring-diagram-motor/msg4404/#msg4404

sekedar info tegangan listrik rumah adalah 220 V

maaf kalau agak kacau jelasinnya  :D :D :D
« Edit Terakhir: November 01, 2011, 08:09:17 PM oleh 《manggolo》 »

Offline Masdio

  • Pro500
  • ******
  • Tulisan: 764
  • Reputation: 8502
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Blognya Mas Dio
Re: bagaimana penerapan rangkaian listrik dalam kehidupan sehari-hari?
« Jawab #5 pada: November 01, 2011, 08:10:26 PM »
Kebetulan ane kul di bidang listrik gan.. Haha.. Maksud pertanyaannya itu gmn? Bisa lebih diperjelas?

Apakah menyangkut penerapan di lokasi tertentu atau bagaimana cara mengaplikasikannya? :)
cara pane-aplikasiannya.
Linuxer yang dilema spesifikasi komputer, numpang belajar Antivirus-antivirusan juga. :P

Beranda Masdio
www.masdio.uni.me


AfsLab

Offline SpecTyte™

  • Pro500
  • ******
  • Tulisan: 2.345
  • Reputation: 48760
  • Jenis kelamin: Pria
  • It starts with one...
    • Lihat Profil
    • Sharing Newbie tutorial, trick, and break your quest!
Re: bagaimana penerapan rangkaian listrik dalam kehidupan sehari-hari?
« Jawab #6 pada: November 02, 2011, 02:51:22 PM »
Oh, yang ini yang suruh praktek bikin mainan senter2an pas kelas 6 ane dulu..
Mau Smadpoint? Buka dan klik dulu isi di dalamnya... :
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

Ada berbagai tips game online dan blogging loh..

Offline Aaf Shiddiq Perwira

  • Pro200
  • *****
  • Tulisan: 274
  • Reputation: 300
  • Jenis kelamin: Pria
  • Penghuni Lama
    • Lihat Profil
Re: bagaimana penerapan rangkaian listrik dalam kehidupan sehari-hari?
« Jawab #7 pada: November 02, 2011, 02:59:50 PM »
Pelajaran kelas 3 smp
:-bd \m/ FORUM SMADAV masih hidup \m/ :-bd

Offline Surya09

  • Pro1
  • *
  • Tulisan: 2
  • Reputation: 0
    • Lihat Profil
    • Jual Busbar, Earthing Rod, dan Grounding
Re:bagaimana penerapan rangkaian listrik dalam kehidupan sehari-hari?
« Jawab #8 pada: Pebruari 05, 2018, 02:48:42 PM »
Wah tergantung jenis rangkaian listrik biasanya setiap rangkaian punya tegangan dan fungsi yang berbeda.
Kabel Listrik Berkualitas Untuk Rumah dan Industri