Penulis Topik: Dampak Negatif Bermain Game Smartphone Bagi Kesehatan  (Dibaca 92 kali)

Offline ateprizal

  • Pro1
  • *
  • Tulisan: 2
  • Reputation: 0
    • Lihat Profil
Dampak Negatif Bermain Game Smartphone Bagi Kesehatan
« pada: Juni 09, 2018, 10:41:31 PM »
Bermain game memang sangat seru. Saking serunya bahkan seseorang lupa sudah berapa lama dia bermain game. Apalagi di era game berbasis smartphone sekarang, semua orang sedang ramai-ramainya bermain game di gadgetnya.

Meski game ada sisi positifnya yang bisa melatih konsentrasi otak ataupun kreativitas seseorang. Bermain game tidak kenal waktu juga berdampak pada kesehatan tubuh lainnya.

Salah satunya adalah bisa membuat metabolisme tubuh jadi turun drastis. Turunnya metabolisme tubuh ini berakibat pada gangguan kesehatan khususnya bagian persendian.

Dokter Ilham Nurrahim yang bekerja di klinik Fatia di kawasan jalan Panglima Batur Banjarbaru ini menjelaskan jika bermain game terlalu lama akan membuat tubuh tidak aktif bergerak yang berefek terhadap metabolisme tubuh.

Jika kecanduan bermain game biasanya posisi pemainnya akan satu tempat saja, alhasil aktivitas fisiknya jadi berkurang. Kurang aktivitas ini menyebabkan metabolisme tubuh berkurang, katanya.

Jika dilakukan terlalu lama dan dalam jangka waktu yang panjang. Berkurangnya metabolisme tubuh ini akan membuat seseorang rentan terserang nyeri di bagian pinggang atau leher. Khususnya mereka yang terlalu lama bermain dalam posisi duduk.

Massa otot akan berkurang, sehingga akan memicu nyeri badan terutama di bagian pinggang, selain itu bisa memicu risiko obesitas makin tinggi, ujarnya.

Efek dari berkurangnya metabolisme juga berdampak pada sistem kekebalan tubuh dan sistem imunitas. Sehingga kata dokter Ilham, penyakit akan lebih mudah menyerang kepada orang yang sistem imunitasnya menurun.

Kelelahan pada bagian mata ucap dokter Ilham juga yang pasti akan dirasakan bagi pemain yang terlalu lama menatap layar smartphone atau gadgetnya untuk bermain game.

Game membuat mata menjadi pasif ketika berada di depan layar, kemudian mata terus dipaksa bekerja untuk menatap dan fokus dengan layar smartphone, ini akan membuat mata lelah dan bisa berakibat nyeri serta berair, tuturnya.  Obat Stroke Nutrinext Kapsul

Oleh karena kata dokter Ilham, sebaiknya bermain game dalam batas waktu yang normal dan tidak berlama-lama. "Berhentilah jika mata atau bagian tubuh sudah terasa nyeri dan lelah, jangan dipaksa apalagi sampai begadang," pesannya.