Penulis Topik: Mengapa Belajar Bahasa Jepang dengan Pokémon itu Efektif?  (Dibaca 287 kali)

Offline Cakapss

  • Pro1
  • *
  • Tulisan: 2
  • Reputation: 0
    • Lihat Profil
Mengapa Belajar Bahasa Jepang dengan Pokémon itu Efektif?
« pada: April 05, 2019, 10:42:15 AM »
Waktu kecil dulu mungkin kamu suka sekali main Pokemon. Entah dalam bentuk kartu, di konsol game, atau bentuk permainan lainnya. Pernahkan kamu menyadari bahwa permainan yang kamu mainkan selama ini dapat menjadi sarana belajar bahasa Jepang yang efektif?
Ketika bermain Pokemon mungkin kamu pernah tidak sengaja mengubah pengaturan menjadi bahasa asing atau membeli kartu pokemon dalam bahasa asing. Jika dulu kamu merasa kecewa karena kamu tidak mengerti apa yang dikatakan dalam permainan Pokemon, sebagai pelajar bahasa, ini waktu yang tepat untuk mempelajari arti dalam permainan yang kamu mainkan.

Berikut alasan mengapa Pokemon dapat menjadi sarana belajar bahasa Jepang yang efektif:

Ramah untuk Pelajar Bahasa Jepang Tingkat Pemula
Belajar bahasa Jepang dapat menjadi solusi hebat bagi kamu yang sudah bosan dengan buku karena belajar dengan bermain Pokemon, sifatnya lebih interaktif. Karena kontennya ditujukan untuk anak-anak maka sebagian besar kata dan frasa yang digunakan dalam versi Jepang akan mengandung kanji dan katakana yang diharapkan diketahui dan dapat dipahami oleh anak-anak di sekolah menengah. Percakapan dalam game Pokemon diharapkan dapat dipahami oleh penutur bahasa Jepang tingkat pemula sehingga ini menjadikan Pokemon sebagai cara belajar bahasa Jepang yang menyenangkan.

Banyak Materi yang Dapat Dipelajari
Dalam satu game Pokemon terdapat ribuan jam konten yang bisa dikonsumsi dari beberapa generasi dan perulangan dari game yang dirilis. Karena kamu belajar bahasa Jepang, maka ketagihan main Pokemon untuk belajar kosakata bahasa Jepang baru pun bisa menjadi alasan yang bagus. Kamu bisa mencatat kosakata baru yang kamu temukan. Misalnya nama jurus atau item dan nama kotanya.

Bisa di Mana Saja
Pokémon yang asli memulai debutnya untuk Game Boy dan kini sudah merambah ke smartphone dan PC. Jika kamu ingin merasakan sensasi nostalgia  sambil belajar bahasa Jepang namun Game Boy sudah tidak mendukung, kamu bisa menggunakan aplikasi emulator di smartphone atau PC.