Penulis Topik: Prosedur Penanaman Kelapa Sawit yang Baik dan Benar  (Dibaca 753 kali)

Offline Mudaberkarya

  • Pro1
  • *
  • Tulisan: 2
  • Reputation: 0
    • Lihat Profil
Prosedur Penanaman Kelapa Sawit yang Baik dan Benar
« pada: April 13, 2017, 09:59:07 AM »

Apa rahasianya dalam menanam kelapa sawit agar bisa berbuah lebih produktif dibandingkan biasanya? Tujuan terpenting dalam penanaman kelapa sawit ialah agar dapat mendapatkan buah lebih banyak. Semakin banyak buah yang dhasilkan, maka semakin tinggi pula penghasilan yang akan didapat.
Kenyataanya, tingkat produktifitas pohon kelapa sawit berbanding lurus dengan perawatanya. Jika pohon dirawat dengan baik dan benar, maka pohon tersebut akan berbuah dalam jumlah yang melimpah. Begitu juga berlaku sebaliknya jika tanaman kelapa sawit kurang mendapatkan perhatian. Maka buah yang dihasilkan pohon tersebut menjadi kurang sempurna.
Namun, sebagai pengusaha, kita juga harus mempertimbangkan cost yang akan dikeluarkan pada masa perawatan kelapa sawit tersebut. Pemakaian anggaran dapat dibilang tepat apabila anggaran tersebut mampu menghasilkan kelapa sawit yang lebih banyak. Berikut beberapa factor untuk memaksimalkan anggaran yang dipakai dalam budidaya kelapa sawit:
Penyesuaian metode dengan lingkungan
Metode pemeliharaan kelapa sawit harus disesuaikan dengan lingkungan. Mungkin saja metode pemeliharaan kelapa sawit dari satu daerah dengan daerah yang lainya tidak sama. Sebagai contoh, pohon yang dibudidaya di lokasi gambut memerlukan unsure hara mikro semisal Cu dan Fe dalam jumlah yang melimpah. Kelapa sawit di tempat lahan gambut juga memerlukan system drainase yang bagus untuk mencukupi kebutuhan airnya. hal tersebut pastinya berbeda dengan kelapa sawit yang ditanam di daerah atau lahan mineral yang tidak terlalu membutuhkan mineral Cu dan Fe.
Penggunaan Alat alat Berteknologi
Seiring berlalunya waktu, teknologi terus mengalami kemajuan. Tak terkecuali dalam hal peralatan pertanian. Sekarang ini sangat banyak alat bertani yang menggunakan teknologi terbaru. Meskipun biaya utuk membelinya cukup mahal, tetapi apabila dibandingkan menggunakan peralatan tradisional, peralatan mekanis dapat mendatangkan keuntungan yang lebih banyak. Oleh karena itu sebagai pemodal yang bijak, anda perlu untuk selalu mengikuti info tentang teknologi alat bertani yang modern yang kemudian akan anda gunakan jika memang memerlukan alat tersebut.
Pengendalian Gulma Dengan Cara Intensif
Gulma merupakan tanaman pengganggu yang datang di area lahan pohon kelapa sawit. Adanya gulma akan mengganggu unsure hara yang berada di dalam tanah yang notabene sangat diperlukan oleh tanaman kelapa sawit dalam menunjang pertumbuhanya. Gulma yang cukup berbahaya bagi tanaman kelapa sawit adalah gulma kategori A seperti senduduk, ilalang, bamboo dan lainya. Pengendalian gulma bisa dilakukan dengan baik secara mekanis ataupun kimiawi.
Pemberantasan Hama serta Penyakit
Ada begitu hama serta penyakit yang sering kita dapati di dalam tanaman kelapa sawit. Hama dan penyakit tersebut bisa menyerang seluruh pohon kelapa sawit dari akar, pelepah, batang, daun, bunga bahkan sampai buh kelapa sawit itu sendiri. Pembersihan hama semenjak dini merupakan suatu tindakan yang perlu dilakukan supaya menjaga pohon kelapa sawit tetap dapat tumbuh dan mendatangkan buah yang maksimal dengan kualitas bagus.
Pemupukan Dengan Teratur serta Takaran yang Sesuai
Dalam melakukan pemupukan kelapa sawit tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Proses Pemupukan harus dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah disusun sebelumnya dan memberikan dosis yang sesuai. Beberapa pupuk yang banyak dipakai para pembudidaya kelapa sawit yaitu urea, ZA, KCI, dolomite, borate dan TSP. tidak jarang juga para petani yang memberikan jenis pupuk berupa ferrit dan cuprum.
Penunasan yang Disesuaikan
Tujuan dari proses penunasan yaitu untuk menjaga struktur pohon kelapa sawit, menjadikan tanaman bersih, dan meningkatkan produktifitasnya. Dalam mengerjakan penunasan harus disesuaikan dengan umur dari tanaman kelapa sawit teersebut. Contohnya tanaman yang tidak lebih dari 9 tahun, maka tunasnya seharusnya songgo 3, sedangkan pada pohon yang berusia antara 9-15 tahun membutuhkn tunas songgo dua. Sementara itu pohon yang telah memiliki usia lebih dari 15 tahun akan membutuhkan tunas songgo satu.
Prosedur Pemanenan yang Benar
Dalam langkah pemanenan buah sawit haruslah dikerjakan secara baik dan benar. Jika tidak benar, maka dapat mengakibatkan pohon mengalami stress. Akibatnya dapat mempengaruhi tanaman sawit yang tak akan mengeluarkan bunga lagi sebagai calon bakal buah.

Offline tobi345

  • Pro3
  • **
  • Tulisan: 5
  • Reputation: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • OKE OCE CROT!
    • Lihat Profil
    • software accounting
Re:Prosedur Penanaman Kelapa Sawit yang Baik dan Benar
« Jawab #1 pada: Mei 04, 2017, 03:43:55 PM »
Imtinya kalau mau menanam kelapa sawit, jarak juga harus menjadi pertimbangan. Soalnya kemarin waktu saya ke kebun, jarak antar pohon yang 1 dengan pohon lain itu sekitar 1m lebih hehehe intinya berikan ruang.
Sedia Aplikasi Retail POS untuk Membantu Bisnis Retail Anda