Penulis Topik: trik mendeteksi spin/ngeles  (Dibaca 2683 kali)

Offline descrates

  • Pro500
  • ******
  • Tulisan: 615
  • Reputation: 5073
    • Lihat Profil
trik mendeteksi spin/ngeles
« pada: Pebruari 10, 2017, 06:29:30 AM »
spin atau ngeles atau "memutar fakta" adalah salah satu buat lari dari masalah
biasanya buat supporting bahkan bisa juga hoax
diambil dari beberapa sumber

1. cherry picking, pilih satu dua yang bagus, sembunyikan ribuan yang cacat
     Jakarta adalah kota termaju di Indonesia (dimunculkan)
     Jakarta sering banjir, kebakaran rumah dan layanan kesehatannya banyak masalah (disembunyikan)

2. no-denial denial, kalo ini biasanya biar kelihatan tidak salah kalau sudah ketahuan bohongnya
     "bukan maksud saya buat menistakan anda tapi..." (eeewww banget kan)

3. evasion/mengelak/menghindar
     "no comment" atau "jangan tanya yang susah-susah"

4. no-apology apology, "tidak minta maaf berbungkus permintaan maaf"/minta maaf dengan framing
    "minta maaf tapi lewat video" atau "minta maaf dengan surat"

5. air mata buaya
     "saya tahu saya telah berbuat kesalahan", salah satu trik untuk dapat "maklum"

6. hysteron proteron, ini agak kompleks buat penerapannya
    "kami menaikan harga BBM karena terkait satu dan lain hal termasuk di dalamnya subsidi"
    atau contoh ketika Fir'aun tenggelam dia berucap "aku percaya pada Tuhan Musa dan Harun"
    "jika mereka berikan aku uang, pastinya aku lebih kaya"

7. diversi
    contohnya ketika mantan presiden SBY mencuit "saya bertanya kepada presiden dan kapolri..."
    kemudian banyak buzzer anti-SBY yang menjadikannya sebagai lelucon

8. "pengalihan isu", contohnya banyak
TASKKILL /F /IM SMΔRTP.exe /T

Win7 32bit [kernel patch] --- 2x2,8GHz Intel --- 8GB RAM DDR3 --- 512MB 9600M GT NVidia --- Iron 15 beta --- Opera Mini Proxies

other OS: Lucid Puppy, XP SP2 [custom], XP SP3, Win7 64bit, Tails

Offline descrates

  • Pro500
  • ******
  • Tulisan: 615
  • Reputation: 5073
    • Lihat Profil
Re:trik mendeteksi spin/ngeles
« Jawab #1 pada: Pebruari 10, 2017, 06:48:26 AM »
terus bagaimana cara mendeteksinya?

1. pelajari trik apa saja yang digunakan, diversi atau apa
2. cari sumber berita yang lain/second opinion

misalnya ketika di tivi yang pro pemerintah ada hal mengarah ke cherry picking
kita jangan telan mentah-mentah, cari tahu apa yang disembunyikan
biasanya juga mereka menggunakan "pembalikan" dari cherry picking
ini disebut reflecting, kalau dalam ddos ya amplification ddos
bukan sebenarnya tapi seolah-olah
nah dari itu kesadaran kita akan bangkit
i'm under attack mode


udah segitu aja, gw tahu juga karena dikasih tahu
TASKKILL /F /IM SMΔRTP.exe /T

Win7 32bit [kernel patch] --- 2x2,8GHz Intel --- 8GB RAM DDR3 --- 512MB 9600M GT NVidia --- Iron 15 beta --- Opera Mini Proxies

other OS: Lucid Puppy, XP SP2 [custom], XP SP3, Win7 64bit, Tails

Offline Jurassic Park

  • MoMod
  • Pro500
  • *****
  • Tulisan: 1.084
  • Reputation: 797
  • Jenis kelamin: Pria
  • MAL : TyrantrumRex
    • Lihat Profil
    • Tyrantrum Project
Re:trik mendeteksi spin/ngeles
« Jawab #2 pada: Pebruari 10, 2017, 05:36:58 PM »





Offline descrates

  • Pro500
  • ******
  • Tulisan: 615
  • Reputation: 5073
    • Lihat Profil
Re:trik mendeteksi spin/ngeles
« Jawab #3 pada: Pebruari 12, 2017, 05:23:00 AM »
TASKKILL /F /IM SMΔRTP.exe /T

Win7 32bit [kernel patch] --- 2x2,8GHz Intel --- 8GB RAM DDR3 --- 512MB 9600M GT NVidia --- Iron 15 beta --- Opera Mini Proxies

other OS: Lucid Puppy, XP SP2 [custom], XP SP3, Win7 64bit, Tails

Offline Jurassic Park

  • MoMod
  • Pro500
  • *****
  • Tulisan: 1.084
  • Reputation: 797
  • Jenis kelamin: Pria
  • MAL : TyrantrumRex
    • Lihat Profil
    • Tyrantrum Project
Re:trik mendeteksi spin/ngeles
« Jawab #4 pada: Pebruari 12, 2017, 08:12:52 AM »


Nih biar makin salty
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.





Offline descrates

  • Pro500
  • ******
  • Tulisan: 615
  • Reputation: 5073
    • Lihat Profil
Re:trik mendeteksi spin/ngeles
« Jawab #5 pada: Pebruari 12, 2017, 12:12:47 PM »
ini gw kasih tahu trik yang lain (trik turunan)
biar kalo ada yang nyoba ngetrik nggak mempan, hehehe

1. kebenaran yang setengah
    "jaman dulu orang eropa belum mengenal sabun" tentunya akan mendapat "perlawanan"
    karena publik akan menganggap sebagai lelucon, meskipun kenyataannya memang begitu

2. memakai logika yang tidak bisa diukur
    kalo ini rada sensitif biasanya : "apakah bumi ini datar?"
    kalo gw jawab datar pasti diketawain

    planet-planet itu bulat
    itu yang saya lihat dari foto-foto NASA
    maka bumi pun akan bulat juga
    karena bumi juga disebut planet
    (bumi bulat = logika yang tidak bisa diukur)

    yang terkenal lagi kisah nabi Ibrahim sama Raja Namrud saat Namrud mengaku sebagai tuhan
    maka untuk mematahkannya namrud ditantang untuk menerbitkan matahari dari barat

3. men-denial berita/hoax-ing
    melabeli berita benar dengan sebutan hoax, banyak

4. gambar meme (variasi dari diversi), contohnya banyak

5. PoC-ness, membuat sebuah PoC yang tidak bisa diuji karena memakai logic yang tidak benar

6. argumen manusia sedotan/kuman diseberang lautan tampak gajah dipelupuk mata tak tampak


nb: kalau di forum-forum lokal, biasanya akan memakai ini

1. "berani-beraninya ente"/variasi dari argumen manusia sedotan
     caci maki sumpah serapah

2. "gimana caranya ente kok bisa bilang gitu" atau cukup "kok bisa"

3. hit and run, serang terus lari

4. panggil dengan nama binatang, buah-buahan dsb

5. bandwagon skala kecil, ini agak unik karena memberikan sesuatu yang tidak bisa "di-amini"
    biasanya buat penguat, contohnya "orang waras pasti milih osx daripada linux"
    efek buruknya  kalau hanya sebatas os mungkin masih bisa ditoleransi
    paling bilang "nyesel"

6. memakai rasa takut untuk mempengaruhi
    "Voting untuk capress ibu-ibu rival capres kita, adalah sama saja voting untuk teroris."

7. sinonim yang lebih sopan, biasanya kalo yang posting di forum yang sopan

   "insiden" (kondisi yang tak biasa, tak bisa dikendalikan, krisis)
   "dana kampanye" (sumbangan uang dalam jumlah besar untuk dukungan politik)
   
   kalo bahasa inggris

   "collateral damage" (kehilangan target "causing civilian deaths")

8. "dari kita tapi dengan label orang lain"
    yang bikin populer sebenernya nastak yang menyamar jadi nasbung
    pas jaman pilpres 2014 dulu di forum kaskus
« Edit Terakhir: Pebruari 12, 2017, 01:01:55 PM oleh descrates »
TASKKILL /F /IM SMΔRTP.exe /T

Win7 32bit [kernel patch] --- 2x2,8GHz Intel --- 8GB RAM DDR3 --- 512MB 9600M GT NVidia --- Iron 15 beta --- Opera Mini Proxies

other OS: Lucid Puppy, XP SP2 [custom], XP SP3, Win7 64bit, Tails

Offline Jurassic Park

  • MoMod
  • Pro500
  • *****
  • Tulisan: 1.084
  • Reputation: 797
  • Jenis kelamin: Pria
  • MAL : TyrantrumRex
    • Lihat Profil
    • Tyrantrum Project
Re:trik mendeteksi spin/ngeles
« Jawab #6 pada: Pebruari 12, 2017, 01:41:39 PM »
>Or better
Don't read any political news again.
<- Orang yang sudah MUAK ngelihat berita-berita politik.

Mending ngebahas waifu
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.





Offline 3ndiixz

  • MoMod
  • Pro500
  • *****
  • Tulisan: 1.035
  • Reputation: 742
  • Jenis kelamin: Pria
  • .:: DOCTOR PENDIK ::.
    • Lihat Profil
    • Install Ulang Windows Modif XP, 7, 8.1, 10 Mojokerto
Re:trik mendeteksi spin/ngeles
« Jawab #7 pada: Pebruari 13, 2017, 09:52:39 AM »
wew, aq cuma bilang gitu aja deh
::: :x :x :x S.M.A.D.Δ.V [[Δ۞Δ۞Δ]] AV LOKAL :x :x :x :::
                    GO INTERNASIONAL