Forum Smadav

Smadav Center => Konsultasi Virus => Topik dimulai oleh: MozaikTM pada Agustus 19, 2016, 08:46:07 PM

Judul: Menghindari AdWare
Ditulis oleh: MozaikTM pada Agustus 19, 2016, 08:46:07 PM
Belakangan ini di Smadaver dan Konfirmasi.com, banyak yang tanya soal AdWare, dan komplotannya.

Nah, sekarang gue mau kasih cara biar AdWare gak nempel di komputer  ;)

Udah ah, bingung mau nulis apa lagi, kalo gue inget sesuatu buat tipsnya, nanti gue edit & tambahin...  :P

SALAM BEBAS VIRUS, BEBAS ADWARE!!!
Judul: Re:Menghindari AdWare
Ditulis oleh: Ki@mhu pada Agustus 19, 2016, 09:01:20 PM
Ada satu rekomen Software: https://unchecky.com/

(https://unchecky.com/assets/img/introdution-warns-preview.png)

Tujuannya untuk memastikan tidak ada tercentang sebelum mulai klik Yes.

(https://davescomputertips.com/wp-content/uploads/2014/02/utorrent-install-with-unchecky-2.png)
Judul: Re:Menghindari AdWare
Ditulis oleh: MozaikTM pada Agustus 19, 2016, 09:06:29 PM
Lebih bagus lagi kalau programnya punya versi bahasa Indonesia, kebanyakan orang kadang males banget kalo udah pake bahasa Inggris, terus langsung aja klik Next/OK/Yes... ;D

well, semoga aja ada orang Indonesia yang bisa program Anti-AdWare, sejenis tools yang udah pernah lu pake.... ;D
Judul: Re:Menghindari AdWare
Ditulis oleh: Jurassic Park pada Agustus 19, 2016, 09:13:10 PM
Tambahan:

Judul: Re:Menghindari AdWare
Ditulis oleh: Ki@mhu pada Agustus 19, 2016, 10:14:36 PM
Dulu kebanyakan kasus Adware adalah lupa membuang Centangan program PUP. Sekarang kasusnya adalah sebagian menggunakan "jamu" yang mana menuntut AntiVirus untuk dimatikan terlebih dahulu.
Judul: Re:Menghindari AdWare
Ditulis oleh: The Gugel pada Agustus 20, 2016, 08:01:11 AM
saya biasa pake uBlock Origin+AdwCleaner

beberapa tools alternative yang cukup membantu:
-Bitdefender Adware Removal Tool (http://download.bitdefender.com/am/puar/BDPUARLauncher.exe)
-Browser Cleaner (https://www.browsercleaner.com/)
-IObit Uninstaller (http://www.iobit.com/en/advanceduninstaller.php) << masuk ke menu Toolbars & Plug-ins
Judul: Re:Menghindari AdWare
Ditulis oleh: Ki@mhu pada Agustus 06, 2017, 07:24:42 PM
Tambahan, jangan Download dari Website yang tidak dapat dipercaya isinya apalagi dari Blog pribadi. Berikut beberapa Website yang menyediakan Installer bebas Adware:


Judul: Mengapa Adware Susah Dibersihkan?
Ditulis oleh: Ki@mhu pada Desember 08, 2017, 10:58:39 PM
Malware jenis apa yang paling sering menyerang dalam beberapa tahun terakhir? Yaitu Adware dan Ransomware. Jika Ransomware sangat menakutkan karena menyandera data pribadi, maka Adware sangatlah menjengkelkan. Bagaimana tidak? Kasus PUP tidak sama pada setiap komputer. Ada yang gampang dibasmi (memakai Adwcleaner saja), ada yang lumayan susah (memakai Malwarebytes dan Adwcleaner), ada yang sangat susah (Malwarebytes, Adwcleaner, Emsisoft Emergency Kit), dan ada yang tidak bisa hilang setelah Scan dengan banyak sekali AntiVirus.

Adware

(https://i62.servimg.com/u/f62/17/11/92/75/image-10.jpg)

Adware (Advertising-supported Software) adalah bagian dari PUP yang berfungsi untuk menampilkan iklan, baik iklan di Browser maupun di Desktop (bahkan sudah menutup Browser).
Iklan ini dapat berbentuk Toolbar, Add-on, jendela pop-up (yang terpisah), Redirect (mengalihkan halaman Website yang kita tuju), mengubah Home Page dan Search Engine, iklan dalam bentuk tab baru.

(https://i35.servimg.com/u/f35/17/11/92/75/toolba10.png)

Iklan-iklan yang ditampilkan Adware ini diharapkan mencapai jumlah pengunjung yang diharapkan. Contoh Adware yang sangat familiar adalah: Ask toolbar, Reimage plus, hohosearch, dan sebagainya.

Spyware

(https://i62.servimg.com/u/f62/17/11/92/75/um0oj310.jpg)

Bagian ini berfungsi untuk mengintai semua aktivitas internet kita termasuk transaksi keuangan. Spyware dapat berupa keylogger yang merekam semua aktivitas tekan menekan Keyboard, dan juga dapat berupa pembaca cookies browser (berisi informasi Username dan Password dari suatu Website).
Dari kegiatan Spyware-lah, akun internet dan keuangan akan dibajak.

Potentially Unwanted Programs (PUP)

(https://dl.kaskus.id/malwarefixes.com/wp-content/uploads/2016/01/qksee.png)

Ibarat Program biasa, PUP sebenarnya tidak bermaksud jahat pada komputer dan lebih bersifat promosi. Hanya saja ikut memperlambat kinerja komputer karena mengganggu dengan membuat Entry Start up, Service, Schedule task. Contoh PUP yang populer dan familiar adalah qksee, baidu, tencent, kingsoft, wajam, dan sebagainya.

Mengapa Adware Sangat Susah Dibasmi?

Jika si A mengalami virus Ramnit dan bersih dengan menggunakan Ramnit Killer, maka si B yang juga mengalami Ramnit juga harusnya bersih dengan menggunakan Ramnit Killer, begitu juga dengan si C.

Jika si A mengalami Adware Trotux dan bisa bersih hanya menggunakan Adwcleaner, si B mengalami Trotux juga dan bersih setelah menggunakan Adwcleaner dan Malwarebytes. Tetapi si C yang juga mengalami Trotux, tidak bisa bersih tuntas setelah menggunakan Adwcleaner dan MalwareBytes. Padahal nama virus Adwarenya sama, mengapa dengan prosedur yang sama, hasilnya bisa berbeda?

Perlu diketahui bahwa cara kerja Adware tidak sama dengan virus biasa.

Pada virus biasa, Induk maupun anak-anaknya mempunyai tugas dan fungsi yang sama. Jika si Induk bertugas mematikan fungsi AntiVirus, menginfeksi file exe, menyebar ke berbagai folder dan Flashdisk, maka anak-anaknya juga demikian.

Pada Adware, tidak demikian. Setiap file sebaran Adware mempunyai fungsi yang berbeda ibarat sebuah tim:


Setiap file sebaran Adware ini menyebar ke Start Up, Services, Task Scheduler, dan lain-lain. Setiap kasus Adware, komposisi file sebaran ini tidaklah sama. Celakanya, Adware tidak menyebar ke Drive D dan Flashdisk, jadi sangat susah diambil sampelnya.

Bayangkan, AntiVirus yang Anda gunakan harus menghadapi situasi bervariasi dan juga musuh berbeda yang sebanyak itu. Belum lagi jika ikut terinstall PUP yang ada Self Defencenya seperti Baidu AntiVirus dan MPC Cleaner.

Inilah sebabnya pada contoh kasus Trotux, ada yang gampang dibersihkan, ada juga yang susah. Ada yang terinfeksi berat, ada yang terinfeksi ringan, padahal sama-sama Trotux.

Ingat bahwa Adware menyebar sebagai tim. Jika ternyata dalam proses pembersihan masih kurang bersih, tim ini akan lumpuh sebagian ibarat sebuah tim sepak bola yang pemainnya dikartu merah sebagian.

Efek residu yang paling sering terjadi adalah PUP dan Trojan Downloader-nya sudah hilang, tetapi masih menyisakan sedikit iklan-iklan padahal sudah mencoba berbagai Tools dan AntiVirus bahkan Reset Browser.
Judul: Re:Menghindari AdWare
Ditulis oleh: 3ndiixz pada Desember 09, 2017, 06:09:02 AM
Bagus Om penjelasannya.