Penulis Topik: Teknologi 4G (generasi ke 4)  (Dibaca 33977 kali)

Offline tomorroxxx

  • Pro10
  • ***
  • Tulisan: 66
  • Reputation: 106
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Teknologi 4G (generasi ke 4)
« pada: November 16, 2009, 09:45:54 AM »
Kira2 seperti apa teknologi 4G nantinya!
Sekedar gambaran untuk kecepatan masing2 generasi:


Generasi Pertama (1G) masih menggunaka teknologi analog.
Sehingga kecepatannya sangat terbatas.
Contohnya WAP yang kecepatannya hanya 9,6 kbps



Generasi Kedua (2G) sudah menggunakan teknologi digital.
Sehingga kapasitas juga bertambah besar.
Contohnya GPRS yang kecepatannya 115 kbps
dan EDGE yang kecepatannya 384 kbps


Generasi Ketiga (3G) muncul di awal tahun 2000-an
dengan berbasiskan kombinasi antara circuit switching
dan packet switching sehingga dapat meningkatkan kecepatan
akses data hingga mencapai 2 mbps.


Generasi Keempat (4G) merupakan kelanjutan dari teknologi
3G, tidak hanya menjanjikan kecepatan hingga mencapai
100 mbps, namun juga beberapa hal lain yaitu sistem hanya
berbasiskan switching, solusi one device one IP yang
memungkinkan kita terkoneksi 'anywhere anytime',
keamanan yang terjamin dan harganya yang terjangkau.

sumber : bk

Offline Rh354

  • Trusted Advisor
  • Pro500
  • *****
  • Tulisan: 1.920
  • Reputation: 65534
  • Jenis kelamin: Pria
  • Just an Ordinary Guy
    • Lihat Profil
    • Time Traveler
Re: Teknologi 4G (generasi ke 4)
« Jawab #1 pada: November 20, 2009, 12:54:09 PM »
Kira2 seperti apa teknologi 4G nantinya!
Sekedar gambaran untuk kecepatan masing2 generasi:


Generasi Pertama (1G) masih menggunaka teknologi analog.
Sehingga kecepatannya sangat terbatas.
Contohnya WAP yang kecepatannya hanya 9,6 kbps



Generasi Kedua (2G) sudah menggunakan teknologi digital.
Sehingga kapasitas juga bertambah besar.
Contohnya GPRS yang kecepatannya 115 kbps
dan EDGE yang kecepatannya 384 kbps


Generasi Ketiga (3G) muncul di awal tahun 2000-an
dengan berbasiskan kombinasi antara circuit switching
dan packet switching sehingga dapat meningkatkan kecepatan
akses data hingga mencapai 2 mbps.


Generasi Keempat (4G) merupakan kelanjutan dari teknologi
3G, tidak hanya menjanjikan kecepatan hingga mencapai
100 mbps, namun juga beberapa hal lain yaitu sistem hanya
berbasiskan switching, solusi one device one IP yang
memungkinkan kita terkoneksi 'anywhere anytime',
keamanan yang terjamin dan harganya yang terjangkau.

sumber : bk
tp tetep aja kecepatan akses data di indonesia masih rendah :D akses 3G pun kadang2 masih sangat lambat..
OS : Slackware 13.1
Kernel : 2.6.35
CPU Type : i686
Processor : Intel Celeron M 1,4 GHz
Axioo Centaur series

Offline ViGunZ

  • Trusted Advisor
  • Pro500
  • *****
  • Tulisan: 2.011
  • Reputation: 16416
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Teknologi 4G (generasi ke 4)
« Jawab #2 pada: November 20, 2009, 12:58:34 PM »
Video Call semua Telpnya, Browsing 2x lebih cepet  :-bd

Offline riko_314

  • Pro10
  • ***
  • Tulisan: 24
  • Reputation: 48
    • Lihat Profil
Re: Teknologi 4G (generasi ke 4)
« Jawab #3 pada: November 22, 2009, 08:31:47 PM »
Wah kalau generasi ke 4 apaan tu.. HSDPA aja belum maksimal digunakan.. Nanti buang dana provider aja. Belum ekonomis tuk masyarakat kebanyakan

Offline series

  • Pro10
  • ***
  • Tulisan: 18
  • Reputation: 131
    • Lihat Profil
Re: Teknologi 4G (generasi ke 4)
« Jawab #4 pada: November 22, 2009, 10:05:41 PM »
yang jelas ga sabar menunggu dengan adanya teknologi 4G dst. kapan bisa ke negara kita.
 :-X

[move]  ^:)^ hidup adalah proses belajar dan berkembang sepanjang waktu   \m/   gratisanzone.blogspot.com[/move]

Offline shin_chan

  • Pro3
  • **
  • Tulisan: 4
  • Reputation: 32
    • Lihat Profil
Re: Teknologi 4G (generasi ke 4)
« Jawab #5 pada: November 26, 2009, 02:07:12 PM »
mungkin sebaiknya operator perbaikin dulu jaringanya. masa sms pending trus telp error.
gt mreka dah cuap-cuap tekno baru trus yang lama aja gak keurus.

Offline cangcilung

  • Pro500
  • ******
  • Tulisan: 772
  • Reputation: 702
  • Jenis kelamin: Pria
  • Be Mr. Bean
    • Lihat Profil
    • FYI
Re: Teknologi 4G (generasi ke 4)
« Jawab #6 pada: November 28, 2009, 07:54:55 PM »
yup bner, yg penting provider'a juga sih n kudu merata di seluruh pelosok negri. pecuma mau 10g klo gada provider yg nyediain.. :D :D

Offline Rizal007

  • Pro200
  • *****
  • Tulisan: 418
  • Reputation: 413
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Teknologi 4G (generasi ke 4)
« Jawab #7 pada: November 28, 2009, 08:41:21 PM »
waduuuww,.,.,
nyang 3g az gk bsa lancar,.,.,.
aplg 4G boz,.,.,.
bbrp taon lg kale bru bsa,.,.,.
 :D

Offline KnoAcc

  • Pro500
  • ******
  • Tulisan: 567
  • Reputation: 535
  • Jenis kelamin: Pria
  • Better Health Better Mind
    • Lihat Profil
    • KnoAcc Blog
Re: Teknologi 4G (generasi ke 4)
« Jawab #8 pada: Desember 03, 2009, 05:23:34 AM »
okelah kalo begitu.... :)


3G GSM di indon aja blom merata? HSDPA yang merupakan jembatan kearah 4G GSM aja belum tergarap maksimal, apalagi kalo 4G Muncul dengan kekuatan koneksi yang begitu menjanjikan? betul?

Apa tidak sebaiknya menggunakan jaringan CDMA saja? 1G CDMA(maksudnya teknologi CDMA pertamakali rilis) aja setara dengan 2,5G GSM (GPRS), Apalagi sekarang ada EV-DO yang merupakan 2G CDMA. yang kecepatan transmisi datanya setara dengan 3G GSM, yang masih sangat potensial untuk bisa melampaui teknologi 4G (kalo udah ditemukan 'rumusnya').

Kalo di LN mungkin akan cepat terserap teknologinya, kalo di indon kayaknya musti nunggu 1 tahun kemudian baru bisa menikmati.. itupun dengan kualitas yg asal2an.
sungguh memprihatinkan provider di sini.. >=)

dan.....

mungkin pada saatnya nanti teknologi 4G juga bakal menyebabkan kemunduran bagi teknologi Internet Network (IN) yang saat ini merupakan infrastruktur telekomunikasi yang digunakan berbagai provider. Hal tersebut disebabkan terbukanya jalur 'arus bawah' yang dapat didownload dan diakses gratis dari internet alias telpon gak pake DUIT alias pake DAON ex: VoIP atawa Internet Telephony...

ctt: 4G menggunakan IPv 6 yang sudah ter-integrasi pada setiap handheld, begitu kira2
« Edit Terakhir: Desember 03, 2009, 05:51:48 AM oleh KnoAcc »

Offline Rizal007

  • Pro200
  • *****
  • Tulisan: 418
  • Reputation: 413
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Teknologi 4G (generasi ke 4)
« Jawab #9 pada: Desember 03, 2009, 09:36:15 PM »
okelah kalo begitu.... :)


3G GSM di indon aja blom merata? HSDPA yang merupakan jembatan kearah 4G GSM aja belum tergarap maksimal, apalagi kalo 4G Muncul dengan kekuatan koneksi yang begitu menjanjikan? betul?

Apa tidak sebaiknya menggunakan jaringan CDMA saja? 1G CDMA(maksudnya teknologi CDMA pertamakali rilis) aja setara dengan 2,5G GSM (GPRS), Apalagi sekarang ada EV-DO yang merupakan 2G CDMA. yang kecepatan transmisi datanya setara dengan 3G GSM, yang masih sangat potensial untuk bisa melampaui teknologi 4G (kalo udah ditemukan 'rumusnya').

Kalo di LN mungkin akan cepat terserap teknologinya, kalo di indon kayaknya musti nunggu 1 tahun kemudian baru bisa menikmati.. itupun dengan kualitas yg asal2an.
sungguh memprihatinkan provider di sini.. >=)

dan.....

mungkin pada saatnya nanti teknologi 4G juga bakal menyebabkan kemunduran bagi teknologi Internet Network (IN) yang saat ini merupakan infrastruktur telekomunikasi yang digunakan berbagai provider. Hal tersebut disebabkan terbukanya jalur 'arus bawah' yang dapat didownload dan diakses gratis dari internet alias telpon gak pake DUIT alias pake DAON ex: VoIP atawa Internet Telephony...

ctt: 4G menggunakan IPv 6 yang sudah ter-integrasi pada setiap handheld, begitu kira2


bisa jg tuh ide nya.,.,.
jd pke CDMA smw qt..,.,.
kan murah tuh pke cdma,.,.,.
tp operator GSM pada protes ntar boz,.,.,.,.
 ;D