Penulis Topik: Tips Aman Menggunakan Router Wifi  (Dibaca 348 kali)

Offline mertesacker

  • Pro1
  • *
  • Tulisan: 1
  • Reputation: 30
    • Lihat Profil
    • Media Informasi
Tips Aman Menggunakan Router Wifi
« pada: Maret 18, 2019, 12:04:33 AM »
Kebutuhan akan wifi saat ini membuat banyak penjual-penjual router wifi. Menjual router wifi menjadi salah satu bisnis yang dapat digeluti oleh mahasiswa. Dapat menggunakan bisnis tanpa modal maupun dengan modal sekitar Rp500.000. Untuk itu perlu mengetahui beberapa tips memilih router wifi sehingga akan menawarkan jaringan internet terbaik kepada pelanggan yang akan menggunakan jaringan wifi.
 
Berikut adalah tips mengamankan koneksi router wifi diantaranya:
 
•   Hindari pengaturan EZ, biasanya router wifi menjanjikan pengaturan yang terkesan mudah dengan hanya menekan tombol untuk terhubung, ketika pengguna tidak mengetahui kredensial pengguna sendiri dan pengguna bukanlah pemilik dari domain.
•   Ubah nama jaringan router wifi, untuk membuat kondisi keseluruhan jaringan menjadi lebih baik, ketika sign in atau sekedar membantu tamu terhubung ke jaringan pengguna tidak perlu mengingat nama yang sulit sehingga pilihlah nama yang mudah diingat.
•   Ubah kredensial router wifi untuk log in, produser router wifi sering menggunakan kembali nama admin default beserta password, hal ini menjadi rahasia umum jadi pilihlah nama yang baru dan pastikan telah memilih password yang kuat.
•   Pastikan halaman log ini router tidak dapat diakses dengan internet, router biasanya memiliki fitur yang memungkinkan pengaturan dapat diubah dari jarak jauh melalui internet. Fitur ini berguna dalam beberapa situasi tetapi tidak aman maka jika tidak dibutuhkan maka nonaktifkan saja dengan menggunakan pengaturan remote management.
 
Selain itu, lindungi dengan protokol enkripsi yang handal dan password kuat dengan mengubah log in wifi router guna mengamankan pilihan router. Dapat memilih password untuk jaringan sehingga password akan diketik pada PC, smartphone atau perangkat lainnya untuk memberikan akses dengan wifi. Jika router mendukung guest network maka dapat menggunakan nama dan password yang kuat serta enkripsi sehingga tidak harus memberikan password kepada orang lain untuk terhubung ke jaringan pribadi pengguna sendiri.
 
Berikut adalah tips memilih wireless router diantaranya:
 
•   Periksa pita frekuensi yang akan digunakan, seperti band 2,4 GHz memiliki spektrum sinyal yang luas, band 5 Ghz tidak memiliki gangguan radio dan hambatan dalam jaringan komunikasi dapat dihindari.
•   Periksa fungsi kecepatan komunikasi, sebaiknya menggunakan IEAAA memiliki beberapa standar dengan kecepatan berbeda, dengan tanda 11ac dengan koneksi tercepat.
•   Perhatikan juga jumlah koneksi simultan saat menggunakan wireless router, setiap wireless memiliki kapasitas tertentu dan jika melebihi jumlah yang disarankan kecepatan koneksi melambat.
 
Selain itu pilih lokasi instalasi yang tepat sesuai dengan lokasi, sebaiknya menggunakan posisi vertikal, horizontal maupun menempelkannya pada dinding. Dapat memilih produk berdasarkan metode penginstalan yang sesuai dengan lokasi yang diinginkan. Dapat juga menggunakan antena eksternal jika diperlukan untuk menyesuaikan arah gelombang frekuensi koneksi internet. Beberapa hal ini perlu diperhatikan saat ini dalam hal jualan router wifi supaya yang ditawarkan adalah router terbaik.