Penulis Topik: CyanogenMod Tamat, Lineage OS jadi Session 2-nya 🤔  (Dibaca 960 kali)

Offline KnoAcc

  • Pro500
  • ******
  • Tulisan: 567
  • Reputation: 535
  • Jenis kelamin: Pria
  • Better Health Better Mind
    • Lihat Profil
    • KnoAcc Blog
CyanogenMod Tamat, Lineage OS jadi Session 2-nya 🤔
« pada: Januari 18, 2017, 11:03:37 AM »

Cyanogen, perusahaan yang menjadi aktor utama pengembangan CyanogenMod, varian modifikasi dari Android, akhirnya menghentikan dukungan untuk semua produk mereka efektif mulai tanggal 31 Desember 2016 nanti. Kabar ini tidak terlalu mengejutkan, mengingat Cyanogen memang mengalami masa-masa sulit dalam beberapa bulan terakhir ini. Untungnya, sistem operasi besutan mereka tidak akan hilang begitu saja.

Reinkarnasi Menjadi Lineage OS

Tidak lama setelah pengumuman penghentian dukungan untuk produk Cyanogen, sebuah sistem operasi baru, yang masih berbasis Android, diumumkan, yaitu Lineage OS. Sistem operasi tersebut akan digarap oleh tim di belakang CyanogenMod. Mereka menjanjikan sistem operasi ini akan jadi kelanjutan dari apa yang sudah mereka tawarkan di CyanogenMod.

Lineage OS ini juga membawa konsep yang sama saat pertama kalinya CyanogenMod diperkenalkan, yaitu dibangun dari komunitas untuk komunitas, memanfaatkan dasar open source. Hal ini disebut sudah mulai hilang dari CyanogenMod. Kini, dengan reinkarnasi menjadi Lineage OS, hal tersebut bisa diwujudkan lagi sembari menawarkan dukungan profesional untuk sistem operasi baru itu.

Tidak Bisa Gunakan Nama “Cyanogen”

Reinkarnasi menjadi Lineage OS ini dibutuhkan karena tim pengembang tidak lagi bisa menggunakan nama yang terkait dengan Cyanogen. Hal itu disebabkan karena CyanogenMod sangat bergantung pada dana yang dikucurkan oleh Cyanogen, sehingga saat Cyanogen memutuskan untuk menutup usaha mereka, itu juga berarti akhir dari CyanogenMod. Namun, tim pengembang Lineage OS menjanjikan semangat mereka masih tetap sama dalam mengembangkan Lineage OS ini sehingga bisa menjadi penerus yang sesuai dengan apa yang menjadi dasar dari CyanogenMod.

*) tulisan dari jagat review