Penulis Topik: distro linux yg pernah dipake apa aja + ngobrol dikit  (Dibaca 19543 kali)

Offline Bobby315

  • Pro200
  • *****
  • Tulisan: 227
  • Reputation: 1348
  • Jenis kelamin: Pria
  • cuma C++ programmer biasa.
    • Lihat Profil
distro linux yg pernah dipake apa aja + ngobrol dikit
« pada: Juli 24, 2009, 02:00:54 AM »
dimulai dr saya dulu, ada bbrp distro linux yg udah saya pake :

1. RedHat KDE -> ini distro linux yg pertama kali saya pelajari (dikampus) dan jujur deh saya gak ngerti penggunaannya. ;D

2. OpenSuse 10.3 KDE -> nah ini distro yg saya pake kedua, kesannya mirip windows begitu logo bunglonnya di klik (start menu gitu) dan agak berat sedikit dlm hal tampilan (GUI)! Apa karena KDE tuh dibuat pake Qt?

3. Mandriva Free 2008 KDE -> nah ini distro yg saya pake setelah OpenSuse, tampilannya minimalis dan user friendly dan distro inilah yg masih saya pake sampai saat ini.

4. Ubuntu Intrepid Gnome -> sebelumnya saya sempat coba2 nih distro....jujur deh ini bener2 distro buat pemula, krn semuanya serba mudah gak perlu setting ini itu! bahkan koneksi internet cuma colok langsung jalan (Auto Eth0). :D

5. Linux Mint (agak lupa...kayaknya KDE) -> blm sempet nyoba krn CDnya salah burning (diburning dgn kec. tinggi makanya gagal ;D ).

6. Fedora 10 KDE -> sda. ;D ;D duh duh...!

7. Mandriva One 2009 KDE -> nah inilah distro yg sampai saat ini saya pakai dan gak mo pindah ke yg lain!!!  :-bd


jadi saya tuh untuk cocok dgn distro harus melalui alur yg panjang dan berlibet2. oya lupa, ada sedikit komen sedikit dr saya ttg pendapat bbrp org yg saya temui (windows user) mengenai linux :

1. Linux itu susah -> "Dulunya memang susah tapi skrg gak lagi krn udah user friendly"

2. Linux dikit2 pake console -> "Sama tuh windows juga pake2 Command Prompt!"

3. Gak ada dukungan hardware -> "Blm install udah komen duluan... ;D "

4. Softwarenya dikit -> "Mending klo byk dipake semua! Buktinya music player (di windows) cuma pake
                                           Winamp doang! Ayo ngaku :D "

5. Sound gak nendang -> "Ya iya lah, Equalizer yg dipake pasti yg 50.000 perak atau plg mahal Pekgo!
                                              gmn mo nendang" (khusus komen ini lucu bgt deh waktu itu)  =))

6. Denger2 ada virus yg nembus jadi gak aman dong -> "Itu di Distro mana? Beda Distro beda systemnya
                                             jadi virus gak bisa sembarangan masuk trus ngobrak-abrik! lagipula ada virus
                                             plg cuma bbrp dan itu juga klo ada!"

7. Bbrp dr mereka mikir dulu...! -> "Biasalah cari2 alesan!" ;D

Giliran saya yg komen -> Keseharian kalian pake cuma buat browsing, chatting, ngetik, denger lagu, lihat video, (user biasanya gitu)...sayang kan duit 1 jt buat bayar lisensi mending dikumpulin buat upgrade notebook kalian (byk dr mereka yg gunain notebook dan bbrp PC).

ummm itulah sedikit obrolan saya, terserah deh kalian mo blg saya iseng atau apa kek...dan jujur deh saya puas abis ngerjain orang ;D sekaligus itu bisa dijadikan referensi dari saya buat kalian yg mau pindah ke Linux.

Ada yg mau nambahin?
Nothing more

Offline kido

  • Trusted Advisor
  • Pro500
  • *****
  • Tulisan: 2.616
  • Reputation: 52861
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: distro linux yg pernah dipake apa aja + ngobrol dikit
« Jawab #1 pada: Juli 24, 2009, 03:29:17 PM »
Enaknya bisa buat data recovery dan virus cleaning..
Aku kadang pake Knoppix buat data recovery

@Bobby315
Linux sekarang sudah berkembang sehingga bisa buat macem - macem, gak cuman sehari - hari. Bisa buat security, data recovery, belajar python, dan lain - lain
Belajar untuk Membasmi Virus
Kalau Anda merasa terbantu silahkan klik "terima kasih"
http://iasatulovesapi.com

Offline kambeeng

  • Smadav Experts
  • Pro100
  • ******
  • Tulisan: 189
  • Reputation: 35082
    • Lihat Profil
Re: distro linux yg pernah dipake apa aja + ngobrol dikit
« Jawab #2 pada: Juli 25, 2009, 07:18:30 AM »
Redhat, Fedora, Ubuntu, Slackware, Opensuse, FreeBSD, Mandriva, DSL, etc.
Untuk Firewalnya Distro Linux yang pernah saya gunakan dibeberapa perusahaan pegangan saya dan warnet2 yang saya handle :

IPCOP, IPFIRE, MONOWALL, ZEROSHELL, PFSENSE, BRAZILFW, ENDIAN FIREWALL, VYATTA etc

Untuk Mail Server :
SME, Squirrel Mail, POstFix, etc.

Itulah yang pernah om Gunakan :D

Offline Bobby315

  • Pro200
  • *****
  • Tulisan: 227
  • Reputation: 1348
  • Jenis kelamin: Pria
  • cuma C++ programmer biasa.
    • Lihat Profil
Re: distro linux yg pernah dipake apa aja + ngobrol dikit
« Jawab #3 pada: Juli 25, 2009, 10:33:15 AM »
@ kambeeng

wesss lengkap juga yah! :D

saya coba pake linux juga setelah selesai kuliah Feb 2008 (masih baru hehehehe) dan itu juga pas kerja malah kaget krn harus nanganin FreeBSD. ;D
Nothing more

Offline kambeeng

  • Smadav Experts
  • Pro100
  • ******
  • Tulisan: 189
  • Reputation: 35082
    • Lihat Profil
Re: distro linux yg pernah dipake apa aja + ngobrol dikit
« Jawab #4 pada: Juli 26, 2009, 03:35:48 PM »
Hehehe intinya sama bro .. masih satu rumpun cuman beda pengembang dan Karnelnya Btw Free BSD berapa 7 kah :D apa aja yang ada diperusahaan :D

Offline kido

  • Trusted Advisor
  • Pro500
  • *****
  • Tulisan: 2.616
  • Reputation: 52861
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: distro linux yg pernah dipake apa aja + ngobrol dikit
« Jawab #5 pada: Juli 26, 2009, 04:13:51 PM »
Yang pernah kucoba:
Ubuntu, Fedora, RedHat, FreeBSD, OPenSUSE, DSL, Slax, Mandriva, Knoppix, PCLinuxOS, BackTrak, Kubuntu, BlankOn, Centos, IGOS, PuppyLinux, Linux Mint, Xnuxer, etc
Belajar untuk Membasmi Virus
Kalau Anda merasa terbantu silahkan klik "terima kasih"
http://iasatulovesapi.com

Offline Bobby315

  • Pro200
  • *****
  • Tulisan: 227
  • Reputation: 1348
  • Jenis kelamin: Pria
  • cuma C++ programmer biasa.
    • Lihat Profil
Re: distro linux yg pernah dipake apa aja + ngobrol dikit
« Jawab #6 pada: Juli 26, 2009, 09:25:26 PM »
@ kambeeng

saya gak tau mas itu versi berapa + bingung krn linux kan pengoperasiannya beda sama windows.

kesimpulannya saya disana cuma planga-plongo aja liatin admin, desktop aja blm ngerti apa lagi itu kan server. tapi enaknya klo perintah mayoritas via console gitu gak pusing2 nyari disetumpuk direktory.


@ kido

dr segitu byk ada yg nyangkut (native gitu)?
Nothing more

Offline krebot

  • Pro500
  • ******
  • Tulisan: 647
  • Reputation: 1111
  • Jenis kelamin: Pria
  • Maybe You Right
    • Lihat Profil
Re: distro linux yg pernah dipake apa aja + ngobrol dikit
« Jawab #7 pada: Juli 26, 2009, 10:11:01 PM »
hehehe, klo gua pernah coba ketika linux pertama kluar.... [klo gag salah taun 2000]

pakai linux mandrake 6.0 [logonya masih pinguin itam ] abis itu gag pernah pake linux lg, krn nginstalnya satu per satu, sampe nginstal keyboard&mouse pon harus pake driver [puyeng aq] tapi skrng aq ketinggalan pakai linux,skrng cuma pakai LIVE-OS itu pun klo disuruh recovery data, selebihnya aq gag kenal sama linux.... :D
"Semakin banyak belajar, semakin banyak yang kita tahu. Semakin banyak yang kita tahu, semakin banyak yang kita lupa. Semakin banyak yang kita lupa, semakin sedikit yang kita tahu. Jadi kenapa kita sibuk belajar ?"

Offline kido

  • Trusted Advisor
  • Pro500
  • *****
  • Tulisan: 2.616
  • Reputation: 52861
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: distro linux yg pernah dipake apa aja + ngobrol dikit
« Jawab #8 pada: Juli 27, 2009, 06:18:32 AM »
@ kido

dr segitu byk ada yg nyangkut (native gitu)?

Maksudnya nyangkut??
Kalo sekarang yang aku aktif pake Ubuntu (alternatif office), Fedora (Virtual), dan Knoppix (security)
Belajar untuk Membasmi Virus
Kalau Anda merasa terbantu silahkan klik "terima kasih"
http://iasatulovesapi.com

Offline kambeeng

  • Smadav Experts
  • Pro100
  • ******
  • Tulisan: 189
  • Reputation: 35082
    • Lihat Profil
Re: distro linux yg pernah dipake apa aja + ngobrol dikit
« Jawab #9 pada: Juli 27, 2009, 01:38:50 PM »
@ kambeeng

saya gak tau mas itu versi berapa + bingung krn linux kan pengoperasiannya beda sama windows.

kesimpulannya saya disana cuma planga-plongo aja liatin admin, desktop aja blm ngerti apa lagi itu kan server. tapi enaknya klo perintah mayoritas via console gitu gak pusing2 nyari disetumpuk direktory.


@ kido

dr segitu byk ada yg nyangkut (native gitu)?

coba cek versinya ketik uname -r , atau nte lihat pas booting awal :D