Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Topik - kido

Halaman: [1] 2 3 4
1
Website + SEO / [Info] Website Test Antivirus
« pada: Desember 21, 2009, 01:08:51 PM »
Saat ini ada cukup banyak website yang menyediakan testing - testing antivirus. Di antaranya AV-Comparatives, VirusBulletin, TopTenReviews, dan lain - lain.
Namun, ternyata tak semua website menyajikan hasil test yang benar - benar objektif. Beberapa website yang memang benar - benar objektif adalah AV-Comparatives (www.av-comparatives.org), VirusBulletin (www.virusbtn.com), AV-Test, ICSA Lab, WestCoastlab, dan Checkvir (www.checkvir.com).
Bagaimana dengan yang kurang objektif? Hasil test mereka bisa dianggap kurang objektif karena beberapa alasan di antaranya mereka tidak bisa memastikan bahwa sampel untuk tes benar - benar berjalan, tidak prosedural, ataupun tidak dapat memverifikasikan keabsahan tesnya. Bahkan beberapa memang terlibat kerjasama 'behind-the-scene' dengan vendor untuk memberikan nilai yang tinggi pada vendor.
Untuk lebih detail baca saja sendiri di http://www.av-comparatives.org/seiten/ergebnisse/AVTW.pdf.

2
Bug, Kritik, Saran / MOVED: Smadav SI ANtivirus Yang Pinter!
« pada: Desember 21, 2009, 08:02:25 AM »
Locked and Deleted

3
Software Impor / Online Malware Analyzer
« pada: November 26, 2009, 08:51:36 PM »
Pada topik ini, kita akan bahas mengenai malware analyzer yang tersedia dalam versi online. Ada dua yang cukup dikenal: Norman SandBox Center (dibahas di http://forum.smadav.net/index.php?topic=414.msg39842#new) dan ThreatExpert (www.threatexpert.com).

1. Norman SandBox Center
Norman SandBox Center bisa disebut sebagai pelopor teknologi Sandbox. Dalam sandbox versi online tersebut, kita harus mengupload file yang akan diamati perilakunya. Kemudian, dalam hitungan detik, di email kita akan keluar laporan hasil pengamatan perilaku file. Laporan tersebut dapat berisi hasil scanning antivirus, file yang dibuat, koneksi keluar yang dilakukan, registry yang diubah, file - file dan proses yang diubah, dan sebagainya. Namun, kelemahan dari Norman Sandbox ini adalah hanya cocok untuk virus mancanegara yang sifatnya tidak terlalu mengubah registry dan juga tidak begitu detail (mungkin karena versinya gratis :D) dan juga software ini lebih ditujukan bagi para profesional karena bahasanya kurang user-friendly.
Bisa dicoba di: http://norman.com/security_center/security_tools/submit_file/

2. ThreatExpert
Seperti Norman Sandbox, ThreatExpert, pertama kali, mewajibkan kita mengupload file yang akan diamati perilakunya dan alamat email kita. Kemudian, beberapa menit kemudian, ThreatExpert akan mengirimkan laporan hasil pengamatan perilaku ke email kita. Pengamatan tersebut bsia berisi informasi file, screenshot, modifikasi file, deteksi antivirus, modifikasi registry, penambahan proses, koneksi keluar, dan negara asal software. Laporan tersebut tersaji dalam suatu halaman HTML yang didesain cukup user-friendly.
Bisa dicoba di: http://www.threatexpert.com/submit.aspx

Perlu diingat, bahwa kedua analyzer kurang mendukung format file selain executable, seperti VBS, BAT, dan sebagainya.
Jika ada yang menemukan lagi, bisa ditambahkan :D

4
Software Impor / MOVED: Prevx 3.0
« pada: Oktober 09, 2009, 05:53:40 PM »

5
Antivirus Impor / F-Prot Antivirus
« pada: Agustus 11, 2009, 04:35:28 PM »
http://www.f-prot.com/images/fpwin3small.jpg

Untuk melengkapi database antivirus di ForSmad, saya tambahkan F-Prot
F-Prot antivirus ini salah satu antivirus lawas, dan menurut kabar sudah dikombinasikan dengan Kaspersky oleh F-Secure.
Untuk detail fitur, saya copas langsung dari F-Prot.com

Fitur:
Advanced heuristics-based detection defends against new and unknown threats
Completely automatic file system protection that scans and disinfects all file types, including those downloaded by web browsers and e-mail applications
Fully automated and streamlined virus signature file updates and software upgrades
E-mail protection that provides automatic real-time protection against threats from incoming and outgoing e-mail attachments.
More advanced detection of malicious programs
Suspicious/infected files are automatically backed up into a safe quarantine area before they are disinfected or deleted
Exclude files from automatic and manual scan
Schedule tasks to scan for viruses at a specified time and date
Quarantine for the isolation of infected or suspicious files
Password protection to prevent unauthorized modification of your settings
Protection against malicious ActiveX code downloads (such as Microsoft ActiveX Controls or installs)

Sekian, ditunggu komentar lainnya :D



7
Software Impor / Anti Rootkit
« pada: Juli 16, 2009, 11:20:21 AM »
Virus sekarang banyak menggunakan teknologi rootkit (bisa juga dikenal sebagai stealth malware), yaitu teknologi yang memungkinkan virus untuk ditanam dalam level kernel dan menyembunyikan dirinya dari user interface dan scanning antivirus.
Untuk menaklukan rootkit, dibutuhkan antivirus yang mendukung deteksi rootkit. Tidak sembarang antivirus bisa mendeteksi rootkit. Untuk mengatasi itu, vendor antivirus membuat aplikasi anti rootkit. Biasanya aplikasi anti-rootkit buatan vendor melakukan (bahasa simplenya) scan dua kali untuk mencari berbagai hidden process dan files, dan membandingkan scanning pertama, kedua, dan Windows yang bersih milik vendor. Jika terjadi perbedaan, maka bisa dikatakan ada kemungkinan rootkit. Berikut ini beberapa contoh aplikasi anti rootkit:

F-Secure Blacklight Rootkit Eliminator



Anti rootkit buatan F-Secure ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan saudaranya, F-Secure Internet Security. Bedanya, ia dikhususkan untuk menscan hidden process dan files yang malicious (berbahaya).

GMER AntiRootkit



AntiRootkit yang satu ini lebih lengkap lagi fungsi scannya: untuk scanning hidden process, services, files, registry keys, drivers, dan hooks. Tool ini banyak digunakan orang, baik teknis maupun nonteknis, untuk menampilkan berbagai hal tersembunyi dalam komputer untuk dieliminasi.

Panda AntiRootkit
Panda AntiRootkit dikembangkan oleh Panda untuk mendeteksi berbagai proses, registry, file, service, hook, dan komponen lain yang tersembunyi. PARK juga dilengkapi kemampuan untuk removal beberapa malicious stealth component dari beberapa malware generic.

Radix AntiRootkit
Radix AntiRootkit adalah software antirootkit yang dibuat oleh sekumpulan orang dari Austria yang fokus mempelajari tentang keamanan. Radix tersedia dalam bentuk graphical maupun command line. Antirootkit yang satu ini memiliki cukup banyak fungsi, terutama dalam mendeteksi rootkit dan reparasi/removal file terinfeksi.

McAfee Rootkit Detective



Software yang satu ini adalah buatan McAfee. Sama seperti yang lainnya, software ini menyediakan fasilitas deteksi dan removal rootkit. Namun, McAfee Rootkit Detector menyediakan support yang memadai dari Avert Labs jika pengguna kesulitan, suatu layanan yang jarang ditemukan di aplikasi lainnya.

TrendMicro RootkitBuster



Software antirootkit buatan TrendMicro ini memiliki tampilan yang cukup sederhana, dalam kategori antirootkit buatan vendor. Memiliki kemampuan yang cukup canggih untuk menampilkan berbagai proses, registry, files, services, dan hooks tersembunyi.

Rootkit Revealer
Rootkit Revealer adalah salah satu antirootkit terkemuka di berbagai forum yang membahas rootkit. Tool ini mampu mendeteksi dan menampilkan cukup banyak proses, files, registry, services, dan hooks tersembunyi. Namun, kelebihannya adalah mampu menentukan apakah ini rootkit atau bukan. Kemampuannya telah terbukti dalam berbagai pengetesan terhadap rootkit HackerDefender, AFX, dan VanQuish.

Rootkit Hunter
Rootkit Hunter memiliki cara deteksi yang agak berbeda dari yang lain. Ia menggunakan checksum MD5 untuk mencari file rootkit, mendeteksi file - file yang mencurigakan, dan menampilan berbagai proses tersembunyi dan setting yang kemungkinan besar diubah oleh rootkit. Jika ada setting/file rootkit, maka komputer diperkirakan terinfeksi rootkit.

Rootkit Unhooker
Rootkit Unhooker menyediakan cukup banyak fitur dan kemampuan untuk membasmi rootkit. Ia mendeteksi berbagai hidden objects, untuk selanjutnya dibetulkan dan didump (dibuat sejenis lognya). Ia juga membuat log yang cukup mendetail, sehingga mempermudah profesional dalam analisa rootkit.

Sophos AntiRootkit



Sophos Antirootkit ini dibuat oleh Sophos, sebagaimana antirootkit biasanya. Namun kelebihannya adalah dapat mengaudit komputer jaringan dari rootkit.


Informasi selengkapnya: www.antirootkit.com  :-bd

8
Networking / Simulasi Jaringan
« pada: Juli 14, 2009, 04:07:47 PM »
Siapapun yang expert jaringan yang ada di sini,

Tolong tanya, gimana caranya membuat simulasi jaringan yang gratis (karena saya ingin belajar lebih dalam tentang jaringan).

Thanks,
regards,
Kido

9
Antivirus Impor / MalwareBytes AntiMalware
« pada: Juli 14, 2009, 10:47:26 AM »
MalwareBytes Anti Malware



Apa yang Anda jadikan kriteria untuk sebuah AntiMalware yang baik? Di MalwareBytes, personel di sana menganggap anti malware yang baik adalah anti malware yang mudah digunakan, simpel, dan efektif. Atas dasar itulah mereka membuat MalwareBytes AntiMalware. Tahu atau tidak, komputer Anda selalu berisiko terserang malware, seperti virus, Trojan, worm, spyware, dan berbagai malware lain yang terus berkembang dan semakin sulit untuk dihapus. Hanya anti malware dengan teknik hebat yang dapat mengatasinya.

MalwareBytes Anti Malware telah dianggap sebagai deteksi dan removal malware generasi depan. Di produk Anti Malware, berbagai teknologi untuk menghapus dan mencegah virus masa depan telah diintegrasikan. MBAM dapat menghapus cukup banyak virus terkenal, meskipun antivirus top lain gagal mendeteksinya. Malwarebytes AntiMalware terus menerus memindai setiap proses yang berjalan dan menghentikan proses berbahaya sebelum mereka jalan di komputer. Modul Real Time Protection menggunakan teknologi advanced heuristik yang memindai dan memonitor sistem Anda sehingga aman dari serangan malware terbaru. Sebagai tambahan, kami telah mengimplementasikan threat center baru yang mengizinkan Anda menjadi up-to-date tentang virus dan malware baru.

Fitur Unggulan
- Mendukung Windows 2000, XP, dan Vista
- Scanning secepat kilat
- Kemampuan untuk memindai seluruh harddisk
- MalwareBytes Anti Malware Protection Module
- Database update dirilis setiap hari
- Karantina untuk mengamankan malware dan mengembalikannya semau Anda
- Ignore list untuk komponen scanner dan proteksi
- Setting untuk mengakselerasi performa anti malware
- Beberapa tools kecil untuk removal manual malware
- Support multi bahasa
- Dapat bekerja sama dengan anti malware lain
- Scanner command line untuk pemindaian lebih cepat
- Integrasi dengan context menu untuk on-demand scanning

http://www.malwarebytes.org/mbam.php

10
Chit-Chat / Dialog Lawak
« pada: Juli 14, 2009, 08:49:03 AM »
Kalo yang punya dialog lawak, ato dialog lucu apa pun bisa dipost di sini.
Ini yang pertama.

Katakanlah Cristiano Ronaldo beli komputer di THR Surabaya. Keesokan harinya, komputernya terserang virus yang menyerang spool printer. Ronaldo menelepon Customer Support laptopnya.
CR: Hallooooo
CS: Halo Selamat Siang Ada yang Bisa Saya Bantu
CR: Mbak, ini laptop kayaknya web kemnya rusak
CS: Kenapa pak?
CR: Saya mau ngeprin, tapi gak bisa katanya Cannot Find Printer. Printernya sudah saya angkat ke depan webkemnya tapi tetep cannot find printer. Gimana sih?
CS: ??????????? :D

Halaman: [1] 2 3 4