Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Topik - descrates

Halaman: [1] 2 3 ... 12
1
Hardware & Driver / Panduan memilih SoC ARM buat hape
« pada: Januari 13, 2017, 09:06:33 AM »
SoC ARM kadang ambigu, tapi ya gitu deh

1. Perhatikan "clock range"-nya misal 300 Mhz - 2.46 Ghz, bukan "clock maximal"-nya (karena ngga guna di kondisi riil)
2. Perhatikan dukungan screennya, Full HD/HD, kalo Full HD (1980x1080) kita bisa turunkan ke HD biar makin mantep ngegame
3. Perhatikan berapa mega pixel kamera belakang & kamera depannya, ini supaya bisa forcing ke perekaman video 4K
4. Perhatikan "cache" procie, sia-sia kalo SoC mahal tapi cache kecil (ini kadang luput dari mata)
5. Perhatikan "audio card" karena memang ini vital buat dengerin musik

kenapa tidak memperhatikan GPU? karena GPU aslinya ya "seputar itu-itu aja"
beda kelas kalo dibandingkan x86/x86-64

kira-kira itu doang yang penting
kalo ngerti ini dijamin nggak bakalan salah pilih
kalo di android ya bundling sih, jadi susah
jalan satu-satunya ya ngerancang produk sendiri

2
Desain Grafis / Trik Render Image memakai Blender & GIMP
« pada: November 09, 2016, 10:28:39 AM »
mungkin orang lebih tertarik menggunakan "Cycles Render" daripada "Blender Render"
tapi kalo full cycle render lama, terutama untuk yang diburu waktu
biasanya buat bikin poster atau apa
maka dari itu kita manfaatkan celah yang ada, memakai bantuan GIMP

gw pakai blender yang terbaru aja, v2.78
setelah semua set selesai

1. Di Blender, render memakai "Blender Render", simpan sebagai "image1" (langsung tekan F12)
2. Lalu, render memakai "Cycle Render", tidak perlu diapa-apain, tapi langsung pakai "OpenGL Render", simpan sebagai "image2"

kita akan implementasi metode "raytracking" secara manual
apalagi GIMP sekarang sudah ada versi "CCE"

3. Pindah ke GIMP, masukan semuanya "image2" dan "image1"
4. Gunakan Beautify -- Smart Color pada "image1", ini untuk mempercepat "coloring" aja
5. Gunakan Cheap HDR -- Lightness 150 pada "image2" dan "image1", pembalikan cahaya instan
6. hapus "image2", lalu save dan efek yang muncul cukup real
7. Lanjut edit untuk efek yang lain

3
Desain Grafis / LightZone
« pada: Oktober 15, 2016, 06:47:09 AM »
harus diakui LightZone kian populer dan menjadi pesaing serius Lightroom

kelebihan lightzone :

1. ada zonemapper, alat untuk mengatur gradasi cahaya dan warna
2. ada alat cropping menggunakan parameter golden ratio
3. ada proof/simulasi untuk cetak foto
4. ada fitur penempelan icc profile
5. gratis





4
Desain Grafis / Mengedit EXIF?
« pada: Oktober 15, 2016, 06:42:29 AM »
Bagaimana cara mengedit EXIF? kita harus tahu aplikasi untuk mengeditnya, paling bagus ya EXIFTOOL

1. unduh dulu exiftool, update berkala >>> http://www.sno.phy.queensu.ca/~phil/exiftool/
2. pelajari segala command exiftool, ini penting banget
3. implementasi untuk mass batch, gw pakenya exifmixer http://www.moonsoftware.com/files/legacy/ExifMixer_050.zip
4. bikin editan exif yang krusial saja, misal Lens


5
Networking / WebDAV
« pada: Oktober 13, 2016, 05:40:49 AM »
apa itu WebDAV? yang jelas bukan deface tool bikinan Hmei7

Web Distributed Authoring and Versioning (WebDAV) is an extension of the Hypertext Transfer Protocol (HTTP) that allows clients to perform remote Web content authoring operations.

intinya kita bisa akses file/folder via HTTP
intinya lubang ini disiapkan untuk emergency
contohnya yandex, dll
bagaimana cara aksesnya, paling gampang pake total commander (menurut gw)
secara kayak folder biasa
tapi apa yang terjadi ketika di exploit?
ya jebol deh

untuk testing bisa pake davtest, webtuff, nmap dll (cari aja di google)

6
Networking / server shared gratisan
« pada: Oktober 06, 2016, 11:27:08 AM »
server shared adalah ketika terjadi emergency menjadikan sangat berguna
bisa buat naruh program/file yang mungkin berguna
mau naruh teamviewer etc boleh (daripada lewat hostingan)
ane cuma berbagi doang, jadi gunakan dengan baik
kalo ada yang nambahi ya silakan
jangan usil ke folder lain karena banyak virusnya/bitcoinminer
buka pakai total commander biar cepet

\\222.124.216.36\Recycle Bin - Volume_1\

7
Aplikasi Mobile (Android iOS) / Peningkat kualitas audio di Android
« pada: Mei 12, 2016, 09:14:07 AM »
bicara android tidak lepas dari soundcard di SoC, ada yang jelek ada yang bagus
yang menurut gw kualitasnya kayak soundcard jadul, tahun 90-an
kelebihannya ya suaranya khas membulat, crappy tapi gimana gitu
yang harusnya cocok buat proses mixing voice, hahaha

lalu pada modifikator android, mulai jurus porting "senjata di masing-masing vendor"
dan sampai saat ini cuma Viper4Android yang bagus, karena bisa mensupport IRS
disusul dengan Dolby Atmos

sebenernya di android masalah effect ini gampang (karena monolitik linux)
kuncinya di "audio_effect.conf"

yang dibutuhkan paling-paling
1. compress, limiter, etc
2. equalizer, bass, treble
3, reverb
4. headset virtualizer, surround, etc
5. volume control

nah cari tuh libs yang jadi kunci

misalnya

# List of effect libraries to load. Each library element must contain a "path" element
# giving the full path of the library .so file.
#    libraries {
#        <lib name> {
#          path <lib path>
#        }
#    }
libraries {
  bundle {
    path /system/lib/soundfx/libbundlewrapper.so
  }
  cm {
    path /system/lib/soundfx/libcyanogen-dsp.so
  }
  reverb {
    path /system/lib/soundfx/libreverbwrapper.so
  }
  visualizer {
    path /system/lib/soundfx/libvisualizer.so
  }
  pre_processing {
    path /system/lib/soundfx/libaudiopreprocessing.so
  }
  xloud {
    path /system/lib/soundfx/libxloudwrapper.so
  }
  clearaudio {
    path /system/lib/soundfx/libclearaudiowrapper.so
  }
  bass_enhancement {
    path /system/lib/soundfx/libbeatsbass.so
  }
  downmix {
    path /system/lib/soundfx/libdownmix.so
  }
  soundaura {
    path /system/lib/soundfx/libsoundaurawrapper.so
  }
  hearingprotection {
    path /system/lib/soundfx/libhearingprotection.so
  }
  vpt {
    path /system/lib/soundfx/libvptwrapper.so
  }
  bass_enhancement {
    path /system/lib/soundfx/libbeatsbass.so
  }
  srsfx {
    path /system/lib/soundfx/libsrsfx.so
  }
}

# list of effects to load. Each effect element must contain a "library" and a "uuid" element.
# The value of the "library" element must correspond to the name of one library element in the
# "libraries" element.
# The name of the effect element is indicative, only the value of the "uuid" element
# designates the effect.
# The uuid is the implementation specific UUID as specified by the effect vendor. This is not the
# generic effect type UUID.
#    effects {
#        <fx name> {
#            library <lib name>
#            uuid <effect uuid>
#        }
#        ...
#    }

effects {
  dynamic_bass_boost {
    library srsfx
    uuid f7a247b0-1a7b-11e0-bb0d-2a30dfd72085
  }
  srsgeq5 {
    library srsfx
    uuid f7a247c2-1a7b-11e0-bb0d-2a30dfd72085
  }
  wowhd {
    library srsfx
    uuid f7a247d2-1a7b-11e0-bb0d-2a30dfd72085
  }
  bassenhance {
    library bass_enhancement
    uuid b3b43f60-a2f0-11e0-8b5a-0002a5d5c51b
  }
  bassboost {
#    library bass_enhancement
#    uuid b3b43f60-a2f0-11e0-8b5a-0002a5d5c51b
#    library bundle
#    uuid 8631f300-72e2-11df-b57e-0002a5d5c51b
    library cm
    uuid 42b5cbf5-4dd8-4e79-a5fb-cceb2cb54e13
  }
  virtualizer {
#    library bundle
#    uuid 1d4033c0-8557-11df-9f2d-0002a5d5c51b
#    library cm
#    uuid 7c6cc5f8-6f34-4449-a282-bed84f1a5b5a
    library soundaura
    uuid 88e5be60-3911-11e0-8631-0002a5d5c51b
  }
  equalizer {
#    library bundle
#    uuid ce772f20-847d-11df-bb17-0002a5d5c51b
#    library cm
#    uuid 58bc9000-0d7f-462e-90d2-035eddd8b434
    library clearaudio
    uuid c3f00260-e194-11df-8eb3-0002a5d5c51b
  }
  volume {
    library bundle
    uuid 119341a0-8469-11df-81f9- 0002a5d5c51b
  }
  reverb_env_aux {
    library reverb
    uuid 4a387fc0-8ab3-11df-8bad- 0002a5d5c51b
  }
  reverb_env_ins {
    library reverb
    uuid c7a511a0-a3bb-11df-860e-0002a5d5c51b
  }
  reverb_pre_aux {
    library reverb
    uuid f29a1400-a3bb-11df-8ddc-0002a5d5c51b
  }
  reverb_pre_ins {
    library reverb
    uuid 172cdf00-a3bc-11df-a72f-0002a5d5c51b
  }
  visualizer {
    library visualizer
    uuid d069d9e0-8329-11df-9168-0002a5d5c51b
  }
  downmix {
    library downmix
    uuid 93f04452-e4fe-41cc-91f9-e475b6d1d69f
  }
  agc {
    library pre_processing
    uuid aa8130e0-66fc-11e0-bad0-0002a5d5c51b
  }
  aec {
    library pre_processing
    uuid bb392ec0-8d4d-11e0-a896-0002a5d5c51b
  }
  ns {
    library pre_processing
    uuid c06c8400-8e06-11e0-9cb6-0002a5d5c51b
  }
  xLOUD {
    library xloud
    uuid 46af9240-dd14-11df-ae36-0002a5D5c51b
  }
  VPT {
    library vpt
    uuid 7c892a40-a1ed-11e0-b578-0002a5d5c51b
  }
  HearingProtection {
    library hearingprotection
    uuid 8d31be40-b6b8-11e0-9fa8-0002a5d5c51b
  }
}
# Audio preprocessor configurations.
# The pre processor configuration consists in a list of elements each describing
# pre processor settings for a given input source. Valid input source names are:
# "mic", "camcorder", "voice_recognition", "voice_communication"
# Each input source element contains a list of effects elements. The name of the effect
# element must be the name of one of the effects in the "effects" list of the file.
# Each effect element may optionally contain a list of parameters and their
# default value to apply when the pre processor effect is created.
# A parameter is defined by a "param" element and a "value" element. Each of these elements
# consists in one or more elements specifying a type followed by a value.
# The types defined are: "int", "short", "float", "bool" and "string"
# When both "param" and "value" are a single int, a simple form is allowed where just
# the param and value pair is present in the parameter description
#    pre_processing {
#        <input source name> {
#            <fx name> {
#                <param 1 name> {
#                    param {
#                        int|short|float|bool|string <value>
#                        [ int|short|float|bool|string <value> ]
#                        ...
#                    }
#                    value {
#                        int|short|float|bool|string <value>
#                        [ int|short|float|bool|string <value> ]
#                        ...
#                    }
#                }
#                <param 2 name > {<param> <value>}
#                ...
#            }
#            ...
#        }
#        ...
#    }

#
# TODO: add default audio pre processor configurations after debug and tuning phase
#

karena bikin pusing maka yang gw lakukan adalah oprek dulu file audionya di desktop
baru di transfer ke android, karena kalo di desktop  bisa atur dengan range lebih luas

8
Chit-Chat / Jangan Beli Software "Yang Tidak Berguna"
« pada: Mei 07, 2016, 11:24:14 AM »
gw gak pernah beli software, asli gak punya duit aja sih atau mungkin gw hanya gak liat titik penting untuk itu (melakukan beli-membeli software). Bagi gw, sebagian besar perangkat lunak tampaknya nyekik leher. bahkan dulu sering ngepatching, lolz tahu kan software yang banyak bugs
kalo dikasih software sih pernah, hadiah juga pernah

bayar berapa euro untuk salinan Program Archiever? WinZip? MSI Intaller? wkwkwk
bayar berapa euro untuk game sepak bola? game balap?
gw bahkan tidak yakin kalo akan pakai terus-terusan?
gw juga bukan developer, gamer, beta tester, programer, lolz, gw cuma user
bahkan lisensi smadav nggak gw pake, gara-gara lupa naruhnya dimana

dan di dunia software ada juga yang edan (biasanya berbasis langganan), misal

Antivirus - berapa USD / tahun.

marilah kita realistis
untuk Rar misalnya kita hanya perlu "Unrar"
untuk ngebloking iklan kita cuma perlu "hosts file"
ketika banyak open source gratisan, ngapain beli?
ketika banyak freeware, ngapain beli?

kenapa bisa begini? dan orang cenderung membeli sesuatu yang tidak berguna
jawabannya simpel: orang tidak tahu jalan alternatif
ya alternatif itu penting buat orang yang tahu fungsi dari alternatif itu
ngapain beli sotosop kalo pake GIMP bisa
ngapain beli maya kalo pake blender bisa

misalnya kita beli TV?
1. yang standar
2. yang bisa muter MKV via flashdisk dan bisa jadi monitor komputer

9
Aplikasi Mobile (Android iOS) / APKTOOL (decompile & recompile APK)
« pada: April 20, 2016, 11:47:59 AM »
Tool buat decompiling .dex dkk pada Aplikasi Android/APK, sampai seri berapa kurang ngerti juga saat ini yang "beneran working"
kalo dulu sering buat decompiling Jelly Bean (Tahun 2012)

http://ibotpeaches.github.io/Apktool/

10
Desain Grafis / Stereo View
« pada: April 20, 2016, 06:51:39 AM »
gampangnya gimana otak kita menerjemahkan apa yang dilihat oleh mata

teknisnya ada di sini http://vision.middlebury.edu/stereo/
kompilasi dan lihat resultnya

gunanya apa? biar kalo bikin film/grafis bisa bagus kalo dilihat
tentunya oleh rata-rata orang pria/wanita
makanya film-film hollywood gambarnya bagus-bagus
soalnya mata kita menangkap objek secara hitam putih dulu/gelap terang
setelah itu diberi warna, pada saat pemberian warna itu ada bias/error
otak kita merekam gambar yang terbagus yang dia tangkap

karena itu ada dual kamera buat adjustment gambar
sehingga secara psikologis terlihat bagus daripada single camera
jalan-jalan aja ke matlab buat yang satu ini, di area camera calibration

balik lagi dengan adanya bias/error tersebut menyebabkan otak strong
kita bisa mengisi bias/error itu dengan database
seperti kita mengerjakan soal matematika
1 + 1 = 2
rumit? emang rumit!
cobain deh software rekonstruksi kayak CMVS-PMVS
https://github.com/pmoulon/CMVS-PMVS/blob/master/

Halaman: [1] 2 3 ... 12