Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Pesan - Ki@mhu

Halaman: [1] 2 3 ... 148
1
Chit-Chat / Re:Chit Chat, Absen, Say Hi 4
« pada: Desember 10, 2017, 04:54:16 PM »
Absen... :D

Yang ini sering hadir di Malwarebytes.com

:D

2
Konsultasi Virus / Mengapa Adware Susah Dibersihkan?
« pada: Desember 08, 2017, 10:58:39 PM »
Malware jenis apa yang paling sering menyerang dalam beberapa tahun terakhir? Yaitu Adware dan Ransomware. Jika Ransomware sangat menakutkan karena menyandera data pribadi, maka Adware sangatlah menjengkelkan. Bagaimana tidak? Kasus PUP tidak sama pada setiap komputer. Ada yang gampang dibasmi (memakai Adwcleaner saja), ada yang lumayan susah (memakai Malwarebytes dan Adwcleaner), ada yang sangat susah (Malwarebytes, Adwcleaner, Emsisoft Emergency Kit), dan ada yang tidak bisa hilang setelah Scan dengan banyak sekali AntiVirus.

Adware



Adware (Advertising-supported Software) adalah bagian dari PUP yang berfungsi untuk menampilkan iklan, baik iklan di Browser maupun di Desktop (bahkan sudah menutup Browser).
Iklan ini dapat berbentuk Toolbar, Add-on, jendela pop-up (yang terpisah), Redirect (mengalihkan halaman Website yang kita tuju), mengubah Home Page dan Search Engine, iklan dalam bentuk tab baru.



Iklan-iklan yang ditampilkan Adware ini diharapkan mencapai jumlah pengunjung yang diharapkan. Contoh Adware yang sangat familiar adalah: Ask toolbar, Reimage plus, hohosearch, dan sebagainya.

Spyware



Bagian ini berfungsi untuk mengintai semua aktivitas internet kita termasuk transaksi keuangan. Spyware dapat berupa keylogger yang merekam semua aktivitas tekan menekan Keyboard, dan juga dapat berupa pembaca cookies browser (berisi informasi Username dan Password dari suatu Website).
Dari kegiatan Spyware-lah, akun internet dan keuangan akan dibajak.

Potentially Unwanted Programs (PUP)



Ibarat Program biasa, PUP sebenarnya tidak bermaksud jahat pada komputer dan lebih bersifat promosi. Hanya saja ikut memperlambat kinerja komputer karena mengganggu dengan membuat Entry Start up, Service, Schedule task. Contoh PUP yang populer dan familiar adalah qksee, baidu, tencent, kingsoft, wajam, dan sebagainya.

Mengapa Adware Sangat Susah Dibasmi?

Jika si A mengalami virus Ramnit dan bersih dengan menggunakan Ramnit Killer, maka si B yang juga mengalami Ramnit juga harusnya bersih dengan menggunakan Ramnit Killer, begitu juga dengan si C.

Jika si A mengalami Adware Trotux dan bisa bersih hanya menggunakan Adwcleaner, si B mengalami Trotux juga dan bersih setelah menggunakan Adwcleaner dan Malwarebytes. Tetapi si C yang juga mengalami Trotux, tidak bisa bersih tuntas setelah menggunakan Adwcleaner dan MalwareBytes. Padahal nama virus Adwarenya sama, mengapa dengan prosedur yang sama, hasilnya bisa berbeda?

Perlu diketahui bahwa cara kerja Adware tidak sama dengan virus biasa.

Pada virus biasa, Induk maupun anak-anaknya mempunyai tugas dan fungsi yang sama. Jika si Induk bertugas mematikan fungsi AntiVirus, menginfeksi file exe, menyebar ke berbagai folder dan Flashdisk, maka anak-anaknya juga demikian.

Pada Adware, tidak demikian. Setiap file sebaran Adware mempunyai fungsi yang berbeda ibarat sebuah tim:

  • Ada yang bertugas menampilkan iklan di Browser.
  • Ada yang bertugas menambah Add-on/Extension Browser.
  • Ada yang bertugas menampilkan iklan di Desktop di luar Browser.
  • Ada yang bertugas mengganti Proxy.
  • Ada yang bertugas mengganti DNS.
  • Ada yang bertugas mendownload sejumlah PUP lainnya.
  • Ada yang bertugas mendowload lagi varian Adware yang lain.
  • Pada sebagian kasus, ada yang bertugas menanamkan Rootkit.

Setiap file sebaran Adware ini menyebar ke Start Up, Services, Task Scheduler, dan lain-lain. Setiap kasus Adware, komposisi file sebaran ini tidaklah sama. Celakanya, Adware tidak menyebar ke Drive D dan Flashdisk, jadi sangat susah diambil sampelnya.

Bayangkan, AntiVirus yang Anda gunakan harus menghadapi situasi bervariasi dan juga musuh berbeda yang sebanyak itu. Belum lagi jika ikut terinstall PUP yang ada Self Defencenya seperti Baidu AntiVirus dan MPC Cleaner.

Inilah sebabnya pada contoh kasus Trotux, ada yang gampang dibersihkan, ada juga yang susah. Ada yang terinfeksi berat, ada yang terinfeksi ringan, padahal sama-sama Trotux.

Ingat bahwa Adware menyebar sebagai tim. Jika ternyata dalam proses pembersihan masih kurang bersih, tim ini akan lumpuh sebagian ibarat sebuah tim sepak bola yang pemainnya dikartu merah sebagian.

Efek residu yang paling sering terjadi adalah PUP dan Trojan Downloader-nya sudah hilang, tetapi masih menyisakan sedikit iklan-iklan padahal sudah mencoba berbagai Tools dan AntiVirus bahkan Reset Browser.

3

4
Chit-Chat / Re:Chit Chat, Absen, Say Hi 4
« pada: Desember 08, 2017, 09:02:06 PM »
Yuhu..

5
Konsultasi Virus / Re:Bedah Virus Disini !
« pada: Desember 07, 2017, 11:16:43 PM »
Ayo Smadaver dan para pengunjung, Silahkan buat ID dan Upload sampel virus di sini untuk dianalisis dan dikabari hasilnya.. ;)

6
Chit-Chat / Re:Chit Chat, Absen, Say Hi 4
« pada: Desember 07, 2017, 11:13:53 PM »
Sejak kecil donk, lihat pertarungan antara Gohan dan Cell. Dia menggunakan jurus itu untuk mengalahkan Cell.

Dia belajar dari siapa? Masih ingat? Apakah Pikolo? Karena seingat ane, Goku belajar itu dari kakek kura2. Dan kakek kura2 tidak pernah melatih Gohan.

7
Chit-Chat / Re:Menyoal registrasi simcard
« pada: Desember 07, 2017, 08:43:21 PM »
Jika satu orang maksimal 3 nomor SIM Card, bagaimana dengan ane yang selalu mengincar SIM Card baru dengan promo kuota hemat?

8
Chit-Chat / Re:Chit Chat, Absen, Say Hi 4
« pada: Desember 07, 2017, 08:41:41 PM »
Absen, kapan Gohan belajar kamekameha, ya?

9
Teknologi Antivirus / Re:malware tanpa bentuk
« pada: Desember 07, 2017, 10:21:37 AM »
Benar banget tuh, Powershell. Sering dijalankan via startup registry ataupun task scheduler untuk menjalankan perintah yang telah ditentukan.

10
Teknologi Antivirus / Re:malware tanpa bentuk
« pada: Desember 07, 2017, 12:05:55 AM »
Fileless Malware, ini sangat populer digunakan oleh Adware hingga Scan dengan MBAM dan ADWCleaner pun masih lolos..

Contoh: https://www.bleepingcomputer.com/news/security/yeabests-cc-a-fileless-infection-using-wmi-to-hijack-your-browser/

Halaman: [1] 2 3 ... 148