Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Topik - Ryan BeKaBe

Halaman: [1] 2 3 4 ... 6
1
Programming / Return[er] Machine
« pada: Desember 02, 2019, 10:12:40 AM »
Secara singkat ini adalah teori, tentang sebuah 'Mesin' (program) yang dapat membalik sebuah Hash menjadi file aslinya. Tentu bukan menggunakan Hash yang pernah ada, seperti CRC32; MD5; SHA512, melainkan menggunakan Hash versinya sendiri.

Awal ide Return[er] Machine / Return[er] Theory sekitar pertengahan 2013.

Bayangkan, dengan Return[er] Machine, yang nilai Hashnya 4.242 byte(s), sekitar 4 KB, mampu menciptakan ulang sebuah file dengan ukuran paling besar bernilai 4.294.967.295 byte(s), sekitar 4 TB, menjadi hanya sekitar 4 KB saja.

----

"Mengenal HoRM - The Primary Organizer of File"




Batas ukuran file yang mungkin bisa diciptakan oleh Return[er] Machine hanya sampai pada ukuran 4.294.967.295 byte(s).

Menciptakan sebuah file baru dengan hanya memberikan ia sebuah Hash dari RM (HoRM), yang tidak lebih dan tidak kurang dari 4.242 byte(s).
Artinya, ukuran Hash dari RM adalah 4242 byte(s), meski seberapa kecil maupun seberapa besar sebuah file, dari 1 byte hingga 4.294.967.295 byte(s), panjang Hashnya akan sama 4242 byte(s).

Panjang memang, ini salah satu kelemahannya dibanding Hash One-Way umumnya seperti CRC32/MD5/SHA512, tapi ia memang bukan Hash One-Way, melainkan Hash DNA inti sebuah file, berisi informasi susunan dari atom-atom jika diibaratkan sebuah benda nyata yang dapat disentuh.

Return[er] Machine adalah gabungan teknik dari Compression + Generator + Machine Learning, dan bukan diperuntukkan pada password 'One-Way Hash'.
Melainkan diperuntukan untuk transmisi (pertukaran) file tanpa melakukan proses panjang Upload-Download.

Bug istimewa sekaligus sangat aneh darinya adalah ketika user memasukkan sebuah Hash of RM (HoRM, Hash yang digunakan sebagai DNA utama pembentuk file dari Return[er] Mahine) yang tidak ada pada database Return[er] Machine sebelumnya, justru memungkinkan untuk menciptakan file yang belum pernah ada, bisa itu gambar secara abstrak (image file), bisa pula suara aneh (sound file), video aneh (video file), dokumen buku/novel/sastra/syair bahkan kitab aneh (doc, pdf file) yang belum pernah sebelumnya.

Return[er] Machine tak terikat pada batasan enkoding file untuk bisa menciptakan sebuah file. Ia bisa bekerja pada berbagai macam EOL Conversion yakni Windows (CR LF), bisa pula Unix (LF), bahkan Macintosh (CR).

Jika diilustrasikan dalam dunia nyata, HoRM tak sekedar Hash, ia seperti tulang sulbi atau tulang ekor (‘Ajb Dzamb) atau dalam bahasa ilmiahnya vetebrae cocigeus, dan memang terinspirasi atau tidak sengaja memiliki hubungan pada bidang ilmu yang satu ini setelah mencari dan mendalami ilmu tentang kematian (selain memang suka mencari ilmu komputer dan paper ilmiah) sebelum akhirnya terinspirasi.

“Seluruh bagian tubuh anak Adam akan musnah dimakan bumi kecuali tulang ekor. Darinyalah ia diciptakan dan darinyalah ia dibangkitkan kembali” (HR Muslim. No 2955)

2
Chit-Chat / Tes fungsi-fungsi Smadaver setelah migrasi server
« pada: September 18, 2019, 10:14:50 AM »
1. Bug HTTPS/SSL
2. Perbaiki Emoticon karena emoticon gugup dulu tidak tau nyarinya dimana, maka ambil di : https://emojipedia.org/
3. Penambahan Favicon

3
Chit-Chat / Diskusi Internet Gratis dengan Suara atau Gelombang Radio
« pada: September 13, 2018, 08:04:31 AM »
Intermezzo

Guglielmo Marconi (lahir 25 April 1874 – meninggal 20 Juli 1937 pada umur 63 tahun) adalah seorang insinyur listrik Italia dan peraih hadiah Nobel, terkenal setelah mengembangkan suatu sistem telegrafi tanpa kabel yang dikenal sebagai "radio". Ia menerimanya bersama Karl Braun tahun 1909.

Karl Ferdinand Braun (lahir di Fulda, Fulda, Hessen, Jerman, 6 Juni 1850 – meninggal di New York, Amerika Serikat, 20 April 1918 pada umur 67 tahun) adalah seorang fisikawan Jerman. Pada tahun 1897, ia membuat osiloskop tabung sinar katode pertama. Teknik ini digunakan oleh sebagian besar peralatan TV dan monitor komputer. Tabung katode masih disebut "tabung Braun" (Braunsche Röhre) di negara penutur bahasa Jerman (dan di Jepang: Buraun-kan).
Pada tahun 1909 Braun menerima Penghargaan Nobel dalam Fisika dengan Guglielmo Marconi untuk "sumbangan pada pengembangan telegrafi nirkabel."

https://id.wikipedia.org/wiki/Guglielmo_Marconi
https://id.wikipedia.org/wiki/Ferdinand_Braun

Berdasarkan spektrum gelombang, umumnya kita menggunakan telekomunikasi mobile berbayar menggunakan Gelombang Micro (Micro Wave).


Selama penggunaan radio/handy talky/orari dan televisi masih gratis, maka masih ada peluang untuk membuat jaringan komunikasi internet gratis. Karena setiap yang di dunia ini berpasangan. Ada yang berbayar, ada pula yang gratis.  :)

Nah, bagaimana menurut rekan sekalian tentang membangun jaringan internet gratis? Sebagai alternatif dari komunikasi berbayar, meski akan tak setangguh komunikasi berbayar.

4
Konsultasi Virus / Adware DealPly / WisdomEye
« pada: Februari 16, 2018, 07:02:50 AM »
Berawal dari saat saya ingin download CamStudio untuk ScreenRecording, coba akses ke web resminya, camstudioOrg, download 'downloader'nya, install, eh ikut terinstall ByteFence dan DealPly.
Berikut rekaman videonya: https://youtu.be/QSmbWEaXQBM

Konon virus/adware DealPly ini cukup banyak beredar, namun susah dianalisa.
Berikut ciri-cirinya:
1. Dibundle dalam 'downloader',
2. Setiap DealPly yang didownload dari 'downloader', belum tentu file yang sama, karena dia di-compile ulang, atau semacam teknik Polymorphic,
3. Dibuat menggunakan Delphi,
4. Saat diklik untuk dijalankan, hanya menampilkan tampilan form polos, dan tidak ada reaksi apa-apa,
5. Web induknya baru dibuat sekitar 1 periode ini (1 tahun masa sewa domain).

Apakah rekan di sini ada yang terkena dampak DealPly ini dan merasakan reaksi tertentu akibat ulahnya?
Oh iya, yang pastinya tujuan utama adware DealPly membuat iklan dibrowser, semacam teknik hooking pada browser.

5
Chit-Chat / Serba-serbi Video Editor
« pada: Januari 31, 2017, 10:09:56 PM »
Para pembuat film yang filmnya biasa kita tonton di bioskop maupun di TV, tentu tidak lepas dari tool yang bernama Video Editor atau Movie Maker.

Ada beberapa nama aplikasi mengedit video:
1. Ulead Video Studio
2. Vegas
3. After Effects
4. (silakan ditambahkan yang lainnya)

1. Percikan Tembakan
Efek yang biasa, dan memang yang paaaliiing sering digunakan dalam film action, tembak-tembakan, adalah adanya efek percikan api yang keluar dari moncong senjata api yang digunakan pemain film, yang meskipun di siang hari, namun efek percikan apinya tetap saja nampak jelas.
Caranya bisa dengan menambahkan gambar efek percikan api pada waktu tertentu saat ada adegan menembak.
(silakan ditambahkan efek yang lain, yang triknya Anda ketahui)
2.

Film apa saja yang sudah dibuat dari Video Editor apa, yang Anda ketahui?

Boleh lampirkan video hasil karya Anda di sini (bisa pakai Youtube sebagai servernya).

6
Chit-Chat / Smadav Membawa Virus? Hoax!
« pada: Januari 31, 2017, 08:09:26 PM »
Smadav Membawa Virus? Hoax!
Sekarang, tahun 2017, entah mengapa berita atau informasi Hoax (palsu, tidak valid) mudah sekali menyebar, dan tentu ada saja yang mudah percaya, entah mengapa?
Mulai dari ranah politik, hingga software, ternyata ada saja yang mau menyebarkan Hoax.
Ada yang sekedar bercanda, dan tau tujuannya memang bercanda.
Ada juga yang tidak tau, main asal jawab, dan merasa jawabannya sudah benar.
Manusia..., manusia..., mudah sekali berprasangka.

Berita Hoax biasanya saling sambung-menyambung melalui situs jejaring sosial. Jika tidak ada klarifikasi, maka pengguna jejaring sosial bisa saja terdoktrin pendapat seorang yang tidak diketahui asal-usulnya, yang mudah sekali memvonis "Salah", "Jelek", dan lain sebagainya, yang padahal, mereka hanya bisa memvonis, tanpa bisa membuktikan dan lebih-lebih jika bisa membuat sebuah hal serupa yang lebih baik versinya sendiri.

Ada yang versi lelucon, dan memang hanya sekedar guyon (canda) tentang Smadav, "Bagaimana meng-Hack satelit menggunakan Smadav?"
Dan jawaban dari pertanyaan tersebut pun sangat beragam, yang bisa membuat pembaca menjadi ketawa sendiri.

Ada pula yang asbun (asal bunyi) dan hal ini sangat dikhawatirkan.
"Chandra Adjie:
Virus dari smadav kadang suka muncul sendiri gan, uninstall aj dlu trus scan pc lo pake avast atau eset, atau apa terserah", dari percakapan yang bersumber di salah satu grup di Facebook atas pertanyaan, "Maaf mau tanya, ada yang berpengalaman mengatasi virus shortcut? Mohon arahannya terimakasih".
Dari jawabannya tersebut, seolah Smadav adalah program (aplikasi) pembawa virus. Ini adalah Hoax, berita/informasi palsu!
Selama Smadav didownload dari situs web resminya di : http://smadav.net maka saya pastikan Smadav tersebut aman dari virus.

Proof of Concept
Untuk memastikan apakah Smadav membawa virus atau tidak:
1. Komputer baru di-install ulang
2. Download (dan install) Smadav di situs web resmi Smadav
3. Scan flashdisk, jika ada virus di flashdisk, atau ada file/folder yang tersembunyi (hidden), maka otomatis akan diperbaiki Smadav.

Namun beda kasus jika:
1. Komputer sudah terkena virus
2. Download (dan install) Smadav di situs web resmi Smadav
3. Scan flashdisk, jika ada virus di flashdisk, atau ada file/folder yang tersembunyi (hidden), maka otomatis akan diperbaiki Smadav. Namun jika virusnya tergolong susah dibersihkan menggunakan Smadav, maka virus akan kembali menginfeksi flashdisk. Disarankan menggunakan antivirus internasional untuk pasangan Smadav, khususnya untuk mengerjakan tugas yang Smadav tidak bisa mengerjakannya. Berlaku sebaliknya.

Klaim yang mengatakan bahwa Smadav membawa virus memang banyak diperbincangkan di situs forum atau blog orang yang suka menduga-duga.
Padahal jika mau bertanya kepada Developer atau Team Smadav di situs web forum Smadav, http://smadaver.com tentu akan mendapat jawaban yang lebih valid atau jelas atau benar, bukan jawaban palsu atau jawaban menduga-duga atau atau Hoax.
Jawaban menduga-duga tersebut biasanya hanya dilakukan oleh orang yang awam! Orang yang kurang bisa berfikir secara ilmiah! Orang yang perlu banyak belajar lagi, belajar kepada sumber yang benar atau sumber yang dapat dipercaya tentunya!

Well, semakin tinggi pohon, semakin deras anginnya.
Sudah menjadi hukum rimba dunia maya akan adanya Cracking, Hacking, Carding, Spying, bahkan kini Hoaxing.

Salam bebas virus,
bekabeipa@gmail.com

7
Anti Ransomware DaK v1 - Detect and Kill Ransomware Process.
#ransomware #killer v1, 28 Des 2016, Indonesia.


Demonstrasion dengan Ransomware Osiris
Invoice_INV000051518.xls, lodka2, shtefans2.spe

Anti Ransomware DaK v1 - Detect and Kill Ransomare Process adalah  prototype tool untuk mendeteksi dan meng-kill proses RANSOMWARE (virus, malware), ketika user mengklik Macro atau apapun itu "downloader + launcher" (.xls-macro; .js; .wsf) Ransomware (DLL) dan membuat Ransomware berjalan di komputer user.


Process rundll32 running


Process rundll32 detected and killed


Process Ransomware found


Process Ransomware not found


Download here, v1, 28 Des 2016:
EXE 584 KB (598.528 bytes): https://drive.google.com/open?id=0B_cRrIC45oeNejRFblNwZFllbE0
(EXE MD5: 15FC05C055152D59AED3877CC3AC3852)

ZIP 186 KB (190.621 bytes): https://drive.google.com/open?id=0B_cRrIC45oeNcVdoektPbW9uVmc
(ZIP MD5: 11972E8C319231A5B9E1DB40B48460E2)

Regard,

Ryan Bekabe
bekabeipa@gmail.com

Sumber: http://bekabe.blogspot.co.id/2016/12/anti-ransomware-dak-v1-detect-and-kill.html

8
Chit-Chat / Ulangan Berbasis Komputer / Gadget untuk Smadaver
« pada: Juni 21, 2016, 09:02:13 PM »
Jika di masa sekolah zaman sekarang mengenal ulangan atau ujian CBT / Computer Based Test (zaman dulu masih PBT / Paper Based Test), maka bagi yang sudah tidak sekolah di zaman sekarang tidak bisa dong merasakan sensasi ulangan CBT ini.

Nah, oleh karena itu, bagaimana kalau rekan Smadaver sekalian yang ada di sini ingin ikut juga merasakan sensasi CBT tersebut?
Soal-soal atau materi mengenai pembahasan yang ada di forum Smadaver.Com ini.
Tertarik?  8)

Untuk Test Driver, bisa coba 50 pertanyaan yang saya sediakan saat UUB murid-murid kemarin.

Akses situsnya di: http://cbt.namawebku.web.id/
Sudah saya sediakan 10 akun, Username dan Passwordnya sama:
1. smadaver1
2. smadaver2
3. smadaver3
4. smadaver4
5. smadaver5
6. smadaver6
7. smadaver7
8. smadaver8
9. smadaver9
10. smadaver10

Berapa skormu?  ;)

9
Teknologi Antivirus / Antivirus - Teknologi, Fitur, Database
« pada: April 15, 2016, 06:40:25 PM »
Antivirus - Teknologi, Fitur, Database

Mengembangkan sebuah produk berupa program/aplikasi kamus atau penerjemah/translator, cukup dengan database, itupun tidak perlu dilakukan update database berkala.

Mengembangkan sebuah produk berupa HandPhone/HP; laptop; mobil/motor, dengan fitur dan teknologi yang ditawarkan, dan tentunya haruslah teknologi terbaru dan fitur yang menarik.

Mengembangkan sebuah produk berupa program/aplikasi antivirus tidak lepas dari 3 (tiga) hal berikut:
1. Teknologi
2. Fitur
3. Database

Mari kita telusuri ketiga poin di atas.
1. Teknologi
Masing-masing pengembang dari suatu program/aplikasi tentunya memiliki teknologi tersendiri sebagai ciri khasnya. Tak sebatas ciri khas, bisa pula dari sana lah terlihat batasan sumberdaya yang dimilikinya.
Untuk sebuah antivirus, atau pembersih virus, teknologi yang difokuskan tentunya mengarah kepada:
A. Cara pendeteksian virus
B. Cara meng-handle virus
C. Cara memperbaiki sistem akibat ulah virus
D. Cara menang dari duel melawan virus, main algorithm
E. Cara beradaptasi pada berbagai sistem operasi
F. Cara memperbarui diri

2. Fitur
Pada dasarnya fitur adalah sebuah teknologi juga, hanya saja yang membedakan, fitur lebih difokuskan agar bisa di-setting atau diatur sedemikian rupa sesuka hati si pengguna. Sedangkan teknologi tadi, bersifat background, user tidak perlu ikut campur masalah pabrikan.

3. Database
Karena semakin hari senantiasa ada saja virus baru, maka sudah menjadi kegiatan rutin bagi pengembang antivirus untuk melakukan update database.
Update database virus, adalah kegiatan selayaknya bayi atau anak kecil yang dikenalkan kepada nama benda atau ucapan. Atau selayaknya prajurit yang dikenalkan daftar musuhnya, agar nantinya saat bertemu di medan perang, maka hanya yang ada di dalam daftar musuh saja yang diserang.

Q: Lalu, bagaimana jika ketiga poin itu tidak dapat dipenuhi?
Misalnya hanya databasenya saja yang diperbarui?
A: Jika tidak dipenuhi pada point kedua, fitur, bukan menjadi masalah yang besar. Namun jika database tanpa teknologi, sama halnya jika si prajurit mengenali musuh, namun si musuh memiliki teknologi yang lebih canggih dari prajurit, maka kemungkinan prajurit akan kalah.
Alangkah lebih baik jika keduanya (lebih afdol ketiganya), antara teknologi dan database terus dikembangkan bersama.

10
Chit-Chat / UN (Ujian Nasional) 2016, PBT - CBT
« pada: April 05, 2016, 10:51:24 AM »
Mungkin Smadaver di sini ada yang masih duduk di bangku MA/SMA/sederajat?
Bagaimana kabar UN-nya?
Semoga lulus sesuai dengan apa yang diusahakan, ya. :)

PBT atau Paper Based Test, begitu yang jaman saya dan rasakan, bawa pensil 2B; penghapus; mistar; pengraut; papan, banyak lah atribut yang dibawa.
Sedangan CBT atau Computer Based Test, semua peralatan tersedia di layar monitor, palingan untuk mengisi absen menggunakan pulpennya, atau hitung-hitungan untuk corat-coretan, ya?!

Tadi dari sisi siswa, pada CBT, sekarang dari sisi pengajar atau panitia, panitia tidak perlu mempersiapkan kertas-kertas yang tebal dan banyak, yang diberi label "Rahasia Negara" lagi.
Belum lagi resiko tercecernya lembar jawaban siswa.
Mungkin Smadaver di sini juga ada menjadi panitia UN? :)

Kalau boleh tau, di sekolah di kota kalian, UN-nya menggunakan apa nih?
CBT, atau PBT?
Kalian lebih cenderung setuju UN dengan mode yang mana dari dua pilihan itu?
Jangan lupa beri alasannya juga ya. ;)

Halaman: [1] 2 3 4 ... 6