Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Topik - shikamaru_puma

Halaman: [1] 2
1
Operating System / Uninstall
« pada: November 17, 2010, 12:52:10 AM »
gan, kan ane mw Uninstall Windows 7. Tp ane bimbang, soal'a itu OS 1-1'a d Laptop yg ane pake. Nah, klo itu ane Uninstall, tar ane msh isa msk ke My Computer, My Document dll itu gk gan ? ???

2
Hardware & Driver / Batere Laptop
« pada: November 13, 2010, 07:10:53 PM »
gan, batere Laptop ane skrg gk isa pnuh klo d Charge. Mentok d 74%. Ad solusi gk gan ?  ???

3
Bug, Kritik, Saran / Buka Smadaver via HP
« pada: November 13, 2010, 07:07:44 PM »
Koq ane klo mw Smadavan via Smartfren cm100 gagal Log In trus y gan ? Pas d coba pake Nokia lancar pdahal  >:(

4
Programming / Batch File
« pada: November 13, 2010, 07:05:41 PM »
Bisa gk sih bikin Batch file isi'a Unicode ?  ???

5
Chit-Chat / Tagihan PLN & Telkom
« pada: November 13, 2010, 07:02:08 PM »
 [Tips]Cara lihat Tagihan PLN dan Telkom Secara Online

Ada tips nih buat agan2/sista2 yang sering di suruh buat bayar listrik ma telepon. Kadang agan ga tw berapa biaya yg harus dibayar buat bayar listrik dan telepon ini, jadi ga tau deh. kalo uang nya ga cukup kan repot musti bolak balik rumah. Mending sebelum bayar cek dulu tagihan nya secara online.. OK langsung aja..

Buat Cek Tagihan PLN
http://202.162.217.251/info_billing/index.php

Dan buat cek tagihan telepon lewat sini
http://infobill.telkom.co.id/index.php

Repost from : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5919568

6
Operating System / Unix
« pada: November 13, 2010, 06:56:25 PM »
UNIX

Sejarah
Pada tahun 1969, project MULTICS oleh AT&T dihentikan karna terlambat, tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, juga karena jauhnya jarak antara periset yang mengembangkannya, antara labolatorium New Jersey dan MIT.
Pada tahun 1969 juga, Ken Thompson, peneliti yang juga bekerja pada project MULTICS menggunakan komputer PDP-& mencoba merealisasikan ide MULTICS berkerja sama dengan Dennis Ritchie, yang juga sebelumnya bekerja dalam project MULTICS. Peter Neuman menyarankan menggunakan nama Unix untuk sistem yang baru ini, Sistem UNIX ini kemudian ditulis ulang untuk PDP-11 dari Digital dalam satu tahun. Ilmuan AT&T banyak menambahkan kemampuan pada UNIX. pada tahun 1970, sehingga banyak program-program kecil yang disebut tools di UNIX, masing-masing digunakan untuk melakukan suatu fungsi. Tahun 1973, Unix ditulis ulang oleh Ken Thompson dengan menggunakan bahasa C yang baru dari Ritchie, bahasa C dirancang untuk dapat dibawa portable dari komputer satu ke komputer lainnya. Tahun 1977, Mike Lesk mengembangkan "ported I/0 library", library yang dapat dibawa untuk mengatasi kesulitan membawa UNIX dari satu komputer ke komputer lain karna perbedaan penanganan sistem I/0 dari setiap komputer, Unix pertama kali dibawa kedalam laboratorium Interdata 8/32, komputer mikro yang sama dengan PDP-11. Tahun 1978, sistem operasi UNIX dibawa kedalam komputer mini VAX. sampai dengan saat ini Unix masih banyak sebagai sistem eksperimental. Awal 1973 lebih dari 16 AT&T atau Western Electric di luar laboratorium Bell menjalankan sistem operasi Unix, Unix kemudian menyebar. Tahun 1977 sedikitnya 500 tempat menggunakan sistem operasi Unix, 125 diantaranya adalah perguruan tinggi dan lebih dari 10 negara asing. Pada tahun 1977 juga keluar Unix Versi 6 yang memiliki dukungan komersial. Universitas California di Berkeley membayar 400 (dalam satuan dollar) untuk mendapatkan sumber Unix yang didalamnya terdapat kode sumber Unix yang lengkap. Bill joy dan Chuck Haley, lulusan dari Berkeley, mulai mengubah. Tahun 1978 Bill Joy mengeluarkan 30 salinan koleksi program dan modifikasi Unix dengan biaya pengganti media dan pengiriman seharga 50 (dalam satuan dollar). Lebih dari 6 tahun Berkeley mendapat dana dari ARPA untuk mengembangkan Unix yang kemudian disebut dengan BSD Unix. banyak pengembangan yang telah dilakukan seperti multitasking, penamaan file dengan jumlah karakter sampai dengan 255 karakter, dan kemampuan untuk digunakan di komputer lokal. pada tahun yang sama AT&T tetap mengembangkan Unix versinya, dan mulai khawatir akan kepopuleran BSD Unix. AT&T mengembangkan produk komersial Unix, yang disebut UNIX System V dan menyatakan sebagai standart Unix, dan menyatakan bahwa BSD Unix bukan merupakan produk Unix yang standart dan tidak kompetible, Pernyataan ini dikeluarkan oleh AT&T untuk meredam kepopuleran BSD Unix, juga karna hak cipta ada pada AT&T, BSD Unix dinyatakan sebagai BSD 4.2. dengan lisensi Berkeley dengan AT&T Universitas dapat secara bebas

http://id.wikipedia.org/wiki/Unix

7
Operating System / Tipe Data
« pada: November 13, 2010, 06:48:01 PM »
TIPE DATA

Floating-point
Floating-point atau bilangan titik mengambang, adalah sebuah format bilangan yang dapat digunakan untuk merepresentasikan sebuah nilai yang sangat besar atau sangat kecil. Bilangan ini direpresentasikan menjadi dua bagian, yakni bagian mantisa dan bagian eksponen (E). Bagian mantisa menentukan digit dalam angka tersebut, sementara eksponen menentukan nilai berapa besar pangkat pada bagian mantisa tersebut (pada posisi titik desimal). Sebagai contoh, bilangan 314600000 dan bilangan 0.0000451 dapat direpresentasikan dalam bentuk bilangan floating point: 3146E5 dan 451E-7 (artinya 3146 * 10 pangkat 5, dan 451 * 10 pangkat -7).
Kebanyakan CPU atau mikroprosesor sederhana tidak mendukung secara langsung operasi terhadap bilangan floating-point ini, karena aslinya mikroprosesor ini hanya memiliki unit aritmetika dan logika, serta unit kontrol yang beroperasi berdasarkan pada bilangan bulat (integer) saja.
Perhitungan atau kalkulasi terhadap nilai floating point pada jenis mikroprosesor sederhana dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak, sehingga operasinya sangat lambat. Untuk itulah, sebuah prosesor tambahan dibutuhkan untuk melakukan operasi terhadap jenis bilangan ini, yang disebut dengan unit titik mengambang.
Dalam bahasa pemrograman, khususnya keluarga bahasa pemrograman C, bilangan titik mengambang direpresentasikan dengan tipe data float.
Integer
 
Untuk bilangan bulat secara umum,
Integer
Dalam ilmu komputer, istilah "Integer" digunakan untuk merujuk kepada tipe data apapun yang merepresentasikan bilangan bulat, atau beberapa bagian dari bilangan bulat. Disebut juga sebagai Integral Data Type.
Nilai dan Representasinya
Nilai sebuah data dari sebuah tipe data integer adalah nilai bilangan bulat tersebut dalam matematika. Representasi data ini merupakan cara bagaimana nilainya disimpan di dalam memori komputer. Tipe data integral terbagi menjadi dua buah kategori, baik itu bertanda (signed) ataupun tidak bertanda (unsigned). Bilangan bulat bertanda mampu merepresentasikan nilai bilangan bulat negatif, sementara bilangan bulat tak bertanda hanya mampu merepresentasikan bilangan bulat positif.
Representasi integer positif di dalam komputer sebenarnya adalah untaian bit, dengan menggunakan sistem bilangan biner. Urutan dari bit-bit tersebut pun bervariasi, bisa berupa Little Endian ataupun Big Endian. Selain ukuran, lebar atau ketelitian (presisi) bilangan bulat juga bervariasi, tergantung jumlah bit yang direpresentasikanya. Bilangan bulat yang memiliki n bit dapat mengodekan 2n. Jika tipe bilangan bulat tersebut adalah bilangan bulat tak bertanda, maka jangkauannya adalah dari 0 hingga 2n-1.
Jenis-jenis nama Integer dalam bahasa pemrograman
Dalam bahasa pemrograman C
Tipe integer standar yang digunakan dalam bahasa C adalah tipe int. Ukuran dan jangkauan data dari tipe int seringkali tergantung dari kompilator dan komputer yang digunakan, tapi biasanya setara dengan short int atau long int.
Selain tipe int, ada beberapa tipe data lain yang dapat menampung bilangan bulat, di antaranya:
•   char. Sebenarnya tipe data ini digunakan untuk menyimpan karakter dalam kode ASCII, tapi dapat juga digunakan untuk menyimpan integer dari 0 sampai 255
•   short int, ukuran 2 byte, jangkauan -32,768 sampai 32,767
•   long int, ukuran 4 byte, jangkauan -2,147,483,648 hingga 2,147,483,647
Tipe-tipe data di atas dapat menyimpan integer negatif dan positif. Untuk menyimpan bilangan positif dan nol saja, dapat digunakan kata kunci unsigned sebelum tipe data. Sebagai contoh:
•   unsigned short int, ukuran 2 byte, jangkauan 0 sampai 65,535
•   unsigned long int, ukuran 4 byte, jangkauan 0 sampai 4,294,967,295
Dalam bahasa pemrograman Pascal
Dalam bahasa Pascal, integer mampu menampung 16-bit Walaupun memiliki ukuran 2 byte (16 bit) tetapi karena integer adalah type data signed maka hanya mampu di-assign nilai antara -215 hingga 215-1 yaitu -32768 sampai 32767. Ini disebabkan karena 1 bit digunakan sebagai penanda positif/negatif. Meskipun memiliki istilah yang sama, tetapi tipe data integer pada bahasa pemrograman Visual Basic.NET dan Borland Delphi memiliki ukuran 4 byte atau 32 bit signed sehingga dapat di-assign nilai antara -2,147,483,648 hingga 2,147,483,647.
Selain tipe integer, bahasa Pascal juga memiliki beberapa tipe lain:
•   byte, ukuran 1 byte, jangkauan dari 0 sampai 255
•   smallint, ukuran 1 byte, jangkauan dari -128 sampai 127
•   word, ukuran 2 byte, jangkauan dari 0 sampai 65,535
Pada kompilator Pascal yang lebih baru, juga dikenal tipe-tipe data yang lebih besar seperti:
•   longint, ukuran 4 byte, jangkauan dari -2,147,483,648 sampai 2,147,483,647
•   cardinal, ukuran 4 byte, jangkauan dari 0 sampai 4,294,967,295
Dalam bahasa pemrograman Borland Delphi
•   Borland Delphi : smallint
Dalam bahasa pemrograman Visual Basic .NET
•   Visual Basic.NET : short
Dalam bahasa pemrograman C#

 
Perbandingan nama tipe data bilangan bulat dalam bahasa pemrograman C# dan Microsoft .NET Framework
Dalam bahasa pemrograman C#, terdapat beberapa variasi dari tipe data integer, yakni:
•   byte: bilangan bulat tak bertanda (unsigned integer) 8-bit. Ekuivalen dengan tipe data System.Byte dalam Microsoft .NET Framework.
•   sbyte: bilangan bulat bertanda (signed integer) 8-bit. Ekuivalen dengan tipe data System.Sbyte dalam Microsoft .NET Framework.
•   short: bilangan bulat bertanda 16-bit. Ekuivalen dengan tipe data System.Int16 dalam Microsoft .NET Framework.
•   ushort: bilangan bulat tak bertanda (unsigned integer) 16-bit. Ekuivalen dengan tipe data System.UInt16 dalam Microsoft .NET Framework.
•   int: bilangan bulat bertanda (signed integer) 32-bit. Ekuivalen dengan tipe data System.Int32 dalam Microsoft .NET Framework.
•   uint: bilangan bulat tak bertanda (unsigned integer) 32-bit. Ekuivalen dengan tipe data System.UInt32 dalam Microsoft .NET Framework.
•   long: bilangan bulat bertanda (signed integer) 64-bit. Ekuivalen dengan tipe data System.Int64 dalam Microsoft .NET Framework.
•   ulong: bilangan bulat tak bertanda (unsigned integer) 64-bit. Ekuivalen dengan tipe data System.UInt64 dalam Microsoft .NET Framework.
   Tipe data yang dikenal dalam bahasa pascal antara lain :
   
•   Tipe data sederhana / Jenis data yang standar (Dasar)
1.   Integer
2.   Real
3.   Karakter
4.   Boolean
   
•   Tipe data non standar (user defined)
1.   Enumerated
2.   Sub-range

•   Tipe data berstuktur
1.   Array
2.   Record
3.   Set
4.   File

•   Jenis data Pointer

   INTEGER
   
   Jenis data ini merupakan nilai bilangan bulat, yang  terdiri atas integer positif, integer negatif dan nol. Pada TURBO PASCAL jenis data ini di bagi atas beberapa bagian.  (lihat tabel 1)
   
   Tabel 1. Jenis data integer
   Tipe      Ukuran memori  (dalam byte)             Jangkauan nilai
   BYTE              1                                     0..255
   SHORTINT      1                                     -128..127
   INTEGER      2                                     -32768..32767
   WORD      2                                     0..65535
   LONGINT      4                                     -2147483648..2147483647
   
   Operator Integer terdiri atas :  + , - , * , DIV dan MOD
   
   
   Var
                    Jumlah : byte;
   Begin
           Jumlah := 200;
            WriteLn(‘Nilai JUMLAH = ‘,Jumlah);
   End.
   Hasilnya bila dijalankan :
   
      Nilai JUMLAH = 200
   
   
   REAL
   
   Penulisan untuk jenis data ini selalu menggunakan titik desimal. Nilai konstanta numerik real berkisar dari 1E-38 sampai dengan 1E+38 dengan mantissa yang signifikan sampai dengan 11 digit. E menunjukkan nilai 10 pangkat. Nilai konstanta numerik real menempati memori sebesar 6 byte.
   
   Contoh :
   123.45
   12345.   salah, titik desimal tidak boleh dibelakang
   12E5
   12E+5
   -12.34
   .1234   salah, titik desimal tidak boleh dimuka
   
    Pada TURBO PASCAL, jenis data ini dibedakan ( lihat tabel 2.)
   
   
   Tabel 2. Jenis data Real
   
   Tipe      Ukuran memori (dalam byte)      Jangkauan nilai          Digit signifikan
   SINGLE      4                       1.5x10E-45 .. 3.4x10E38      7-8
   DOUBLE      8                       5.0x10E-324 .. 1.7x10E308      15-16
   EXTENDED      10                      1.9x10E-4951 .. 1.1x10E4932      19-20
   COMP              8                           -2E+63+1 .. 2E+63-1           19-20
   
   Operator untuk jenis data ini terdiri atas : + , - , * dan /
   
   KARAKTER
   
   Yang dimaksud dengan jenis data ini adalah karakter tunggal atau sebuah karakter yang ditulis diantara tanda petik tunggal, seperti misalnya ‘A’, ’a’, ’!’, ’5’ dsb.
   
   Dasarnya adalah ASCII CHARACTER SET.
   
   Misalnya : 032 pada tabel ASCII CHARACTER SET menunjukkan karakter.
   
      Blank.
   033          !
   048            0
   076           L
      dst
   
STRING
   
   Nilai data string merupakan urut-urutan dari karakter yang terletak di antara tanda petik tunggal. Nilai data string akan menenpati memori sebesar banyaknya karakter stringnya ditambah dengan 1 byte. Bila panjang dari suatu string di dalam deklarasi variabel tidak disebutkan, maka dianggap panjangnya adalah 255 karakter.
   
   Contoh :
   
   Var
      Kampus : string[10];
   Begin
      Kampus := ‘Gunadarma’;
   Write(Kampus);
   End.
   
   
   
   BOOLEAN
   
   Jenis data ini mempunyai nilai TRUE atau FALSE.
   
   Operator untuk jenis data ini adalah :
1.   Logical Operator, yaitu : NOT, AND dan OR
2.   Relational Operator, yaitu : >, <, >=, <=, <> dan =
   
   
   JENIS DATA NON-STANDARD (USER DEFINED)
   
ENUMERATED.
   Jenis data ini terdiri atas barisan identifier yang terurut dimana setiap identifier tersebut dianggap sebagai suatu individual data item (elemen data yang berdiri sendiri).
   
   Pada saat mendeklarasikan jenis data ini kita harus menuliskan semua elemen-elemennya.
   
   Bentuk umum deklarasinya adalah :
   
   TYPE nama = (data_item_1, data_item_2, ……., data_item_n);
   
   Contoh :
   
   TYPE hari = (sen,sel,rab,kam,jum,sab,ming);
   
   TYPE warna = (red,blue,green,yellow,black,white);
   
   Setelah jenis data ini dideklarasikan, maka selanjutnya kita dapat mendeklarasikan suatu variabel yang berjenis data sama dengan jenis data ini.
   
   Misalnya :
         TYPE nama_hari = (sen,sel,rab,kam,jum,sab,ming);
         VAR libur : nama_hari;
   
   Fungsi standar yang dapat digunakan pada jenis data ini adalah :
   
   PRED, SUCC dan ORD
   
   Misalnya :
   
      PRED (sel) = sen
      SUCC (sen) = sel
      ORD (sen) = 0
      ORD (sel) = 1
   
       dsb
   
SUB-RANGE.
   
   Jenis data ini berupa range dari suatu kumpulan data yang mempunyai urutan..
   
   Bentuk umum deklarasinya adalah :
   
      TYPE nama = data_item_pertama .. data_item_terakhir;
   
   Contoh :
   
          TYPE    jam_kuliah = 1 .. 10;
   tanggal                     = 1 .. 31;
   abjad                        = ‘A’ .. ‘Z’;
   
          TYPE    bulan = (jan,feb,mar,apr,mei,jun,jul,agt,sep,okt,nov,des);
   hari = (sen,sel,rab,kam,jum,sab,ming);
   ata = agt .. jan;
   pta = feb .. jun;
   hari_kerja = sen .. jum;
   
   


   
   
   





   TANDA OPERASI

   
   Tanda operasi (operator) di dalam bahasa Pascal dikelompokkan ke dalam 9 kategori,
   
1.   Assignment operator.
2.   Binary operator.
3.   Unary operator.
4.   Bitwise operator.
5.   Relational operator.
6.   Logical operator.
7.   Address operator.
8.   Set operator.
9.   String operator.
   
   Assignment operator
   Assignment operator (operator pengerjaan) menggunakan simbol titik dua diikuti oleh tanda sama dengan (:=).
   
   Contoh :
         A:=B;
   
   Binary operator
      Digunakan untuk mengoperasikan dua buah operand. Operand dapat berbentuk konstanta ataupun variabel. Operator ini digunakan untuk operasi aritmatika yang berhubungan dengan nilai tipe data integer dan real.
   
   Operator            Operasi               Tipe operand            Tipe hasil
   *                    Perkalian         real,real                          real
                                                                  integer,integer                   integer
                                                            real,integer              real
   
   
   DIV                Pembagian bulat       integer,integer             integer
   /                   Pembagian real        real,real                          real
                                                           integer,integer                   real
                                                                real,integer               real
   
   MOD                Sisa pembagian         integer,integer              integer
   +                   Pertambahan           real,real                        real
                                                            integer,integer                  integer
                                                               real,integer               real
   
   
   -                     pengurangan      real,real                      real
                                                                 integer,integer               integer
                                                                     real,real              real
   
   
   
   Contoh :
         15*5       hasilnya    75
         20/3      hasilnya   6.6666666667E+00
         20 div 3   hasilnya   6
         20 mod 3   hasilnya   2
   Unary operator
   Operator ini hanya menggunakan sebuah operand saja. Dapat berupa unary minus dan unary plus. Unary minus digunakan untuk menunjukkan nilai negatif, baik pada operang numerik real maupun integer. Unaru plus adalah operator untuk memberai tanda plus.
   
   Contoh :
         -5   +7
         -2.5   +2.5
   
   Bitwise operator
   Digunakan untuk operasi bit per bit pada nilai integer. Terdiri dari operator NOT, AND, OR, XOR, Shl, Shr.
   
   Relational operator
      Relational operator digunakan untuk  membandingkan hubungan antara dua buah operand dan akan didapatkan hasil tipe boolean, yaitu True atau False. Terdiri dari operator : =, <, >, <=, >=, <>
   
   
   Logical operator
      Terdapat 4 buah logical operator yaitu : NOT, AND, OR dan XOR. Operator ini bekerja dengan nilai-nilai logika, yaitu True dan False.
   
   Set operator
      Digunakan untuk operasi himpunan.
   
   String operator
      Digunakan untuk operasi string. Hanya ada sebuah operator string saja, yaitu operator + yang digunakan untuk menggabungkan dua buah nilai string.
   
   Contoh : 
         Nama1 := ‘Arief ‘;
         Nama2 := ‘Kurniawan’;
         Nama3 := Nama1 + Nama2;
   
String
String dalam pemrograman komputer adalah sebuah deret simbol. Tipe data string adalah tipe data yang digunakan untuk menyimpan barisan karakter.
Tipe data string dalam beberapa bahasa pemrograman
Bahasa Pascal
Dalam bahasa Pascal, tipe data string dituliskan sebagai string. Pada kompilator Pascal lama, string terpanjang yang dapat dibuat terdiri dari 255 karakter. Hal ini terjadi karena Pascal menggunakan 1 byte data untuk menyimpan panjang efektif string.
Contoh kode Pascal yang menggunakan tipe data string:
program str;
var s: string[100];  //jika panjang maksimum tidak dimasukkan, kompilator akan menganggapnya 255
begin
  s:= 'Hello world';
  writeln(s);
end.
Pada kompilator Pascal yang lebih baru dikenal pula tipe data ANSI-string yang dapat menyimpan karakter lebih banyak.
Bahasa C
Dalam bahasa C tidak ada tipe data khusus untuk menyimpan string. String biasanya disimpan sebagai larik dari karakter-karakter. Berbeda dengan bahasa Pascal, string pada bahasa C merupakan sebuah null-terminated string, sehingga kapasitasnya hanya dibatasi oleh kapasitas memori komputer. Seperti pada tipe data larik pada bahasa C, pengguna dapat memberikan batas maksimum karakter yang dapat ditampung.
Contoh kode C yang menggunakan tipe data string:
#include <stdio.h>
int main(){
  char s[100]; /* membuat string dengan panjang maksimum 99 karakter, karena karakter terakhir harus null */
  s = "Hello world";
  printf("%s\n", s);
}
Bahasa C++
Bahasa C++ merupakan turunan dari bahasa C sehingga representasi string sebagai larik karakter masih berlaku. Namun bahasa C++ juga menyediakan tipe data string yang terdapat dalam C++ Standard Template Library (STL).
Contoh kode C++ yang menggunakan tipe string pada STL:
#include <string>
#include <iostream>
using namespace std;
int main(){
  string s;  //panjang maksimum tidak perlu didefinisikan
  s = "Hello world";
  cout<<s<<endl;
}

sry Repost

8
Operating System / Linux
« pada: November 13, 2010, 06:46:54 PM »

LINUX

Sejarah Linux diawali dari pengembangan sistem yang bernama UNIX oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie (Biografi ada di ilmukomputer.com) yang berasal dari AT&T Bell labs, pada tahun 1968. Karena tujuan UNIX adalah sistem operasi yang multi user dan multi tasking, maka UNIX ditulis ulang dengan menggunakan bahasa C (sebelumnya menggunakan bahasa B). Hal ini memungkinkan untuk didevelop ke berbagai platform hardware tanpa perlu harus menuliskan kode yang spesifik. Sehingga develop itu masih terus bertahan sampai saat ini.
Bell melisensikan sistem operasi ini kebeberapa institusi, salah satunya ke departemen Ilmu Komputer Universitas Berkeley California, yang akhirnya menghasilkan beberapa cloning UNIX dengan kode BSD (Berkeley Software Distribution) Professor Andrew Tanenbaum telah mengembangan sistem operasi Unix yang dapat berjalan pada personal computer yaitu MINIX (Mini UNIX). Namun sistem ini tidak memiliki seluruh fungsi UNIX yang diinginkan mahasiswa saat itu, terutama untuk mahasiswa bernama Linus Trovalds.
Linux muncul pada tahun 1991 yang dikembangkan oleh mahasiswa yang bernama Linus Trovalds dengan tujuan membuat sistem operasi gratis dengan kemapuan seperti UNIX tetapi kompatibel dengan PC. September 1991, Linux diluncurkan pertama kali dengan panjang source code 10.239 lines versi 0.01. Perkembangan berikutnya adalah versi 0.95 yang dianggap rilis paling penting, karena mampu menjalankan X Windows System. Pada tanggal 9 Mei 1996, TUX diresmikan sebagai maskot Linux yang dibuat oleh Larry Ewing sesuai dengan pernyataan “Linus likes penguins”. Nama TUX sendiri diambil dari Trovalds Unix untuk menghormati Linus Trovalds sebagai pengembang Linux.
Pada awalnya Linux diluncurkan dibawah lisensi yang melarang komersialitas. Tetapi pada perkembangannya, Linus Trovalds mengubah lisensinya menjadi GNU General Public License. Lisensi mengijinkan distribusi atau bahkan penjualan versi Linux yang sudah dimodifikasi tetapi dengan catatan bahwa semua distribusi tersebut haras dibawah lisensi GNU GPL dan harus dengan source code programnya.

http://deje.wordpress.com/2008/03/12/sejarah-perkembangan-linux/

9
Operating System / Perkembangan DOS
« pada: November 13, 2010, 06:46:07 PM »

DOS

Perkembangan dos
DOS (DISK OPERATING SYSTEM)

Sekedar wawasan dari w mengenai DOS (DISK OPERATING SYSTEM)

Disk Operating System (disingkat DOS) adalah keluarga sistem operasi yang digunakan di komputer pribadi. Sekarang, istilah DOS menjadi istilah generik bagi setiap sistem operasi yang dimuat dari perangkat penyimpanan berupa disk saat sistem komputer dinyalakan. Keluarga DOS terbagi menjadi bebrapa kelas, yakni :

a. MS-DOS (Microsoft Disk Operating System), termasuk di antaranya adalah Tandy DOS, Compaq DOS, Q-DOS (Quick and Dirty Operating System) dan beberapa klon dari sistem operasi MS-DOS yang dijual kepada para pembuat sistem komputer IBM PC/Compatible.

b. IBM PC-DOS (International Business Machine Personal Computer Disk Operating , yang meskipun masih buatan Microsoft, diubah sedikit-sedikit untuk dapat digunakan oleh komputer IBM PC.

c. DR-DOS (Digital Research Disk Operating System), yang dibuat oleh pembuat sistem operasi CP/M, Gary Kildall.

d. Novell Personal Netware, merupakan versi DR-DOS yang dijual kepada Novell karena perusahaan yang menaungi CP/M mengalami kebangkrutan (Novell mengakuisisi Digital Research Incorporated).

e. Caldera DOS, merupakan versi Novell Personal Netware yang dijual kepada Caldera Corporation.

f. FreeDOS, merupakan versi DOS yang dibangun dari sisa-sisa pengembangan Caldera DOS, yang dikembangkan oleh komunitas open source. Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang menggunakan antarmuka dengan penggunaberbasis teks (text-mode user interface), dengan tanda kesiapan menerima perintah dari pengguna yang disebut dengan prompt. Prompt default yang digunakan dalam DOS adalah nama path ditambah dengan tanda lebih besar (>), seperti C:\>, C:\DOS\ dan lain-lain. Pengguna juga dapat menggunakan symbol prompt lainnya dengan menggunakan perintah PROMPT. Sistem operasi ini juga bersifat single-tasking (hanya dapat menjalankan satu program pada satu waktu saja), menjalankan prosesor pada modus real (real mode), dan hanya dapat mendukung satu pengguna dalam satu waktu (single user).

MS-DOS
MS-DOS, singkatan dari Microsoft Disk Operating System, adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) untuk pasar mainstream, yang disebut sebagai Microsoft Windows. MS-DOS dirilis pertama kali pada tahun 1981, dan seiring dengan waktu, Microsoft pun meluncurkan versi yang lebih baru dari MS-DOS. Tidak kurang hingga delapan kali Microsoft meluncurkan versi-versi baru MS-DOS dari tahun 1981 hingga Microsoft menghentikan dukungan MS-DOS pada tahun 2000. MS-DOS merupakan salah satu kunci keberhasilan Microsoft dalam memproduksi perangkat lunak, dari sebuah perusahaan kecil pembuat bahasa pemrograman saat didirikan hingga menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak yang seolah menguasai dunia.

A. Sejarah
MS-DOS sebenarnya dibuat oleh sebuah perusahaan pembuat komputer, yang bernama Seattle Computer Products (SCP) yang dikepalai oleh Tim Patterson--yang belakangan direkrut oleh Microsoft untuk mengembangkan DOS--pada tahun 1980 sebagai sebuah perangkat lunak sistem operasi dengan nama Q-DOS (singkatan dari Quick and Dirty Operating System), yang selanjutnya diubah namanya menjadi 86-DOS, karena Q-DOS didesain agar dapat berjalan pada komputer dengan prosesor Intel 8086. Microsoft pun membeli lisensinya dengn harga 50.000 dolar Amerika dari SCP, lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS. Selanjutnya, saat IBM hendak meluncurkan komputer pribadi yang disebut dengan IBM PC, Microsoft pun menjual lisensi MS-DOS kepada IBM.

B. Pengembangan
IBM dan Microsoft selanjutnya merilis versi-versi DOS; di mana versi IBM yang langsung dibundel dengan komputer IBM PC disebut dengan "IBM PC-DOS" (singkatan dari InternationalBusiness Machine Personal Computer Disk Operating System). Pada awalnya, IBM hanya menggunakan apa yang layak digunakan dari MS-DOS yang dirilis oleh Microsoft, seperti programprogramnya atau utilitas yang disertakannya. Karena itulah, versi IBM selalu dirilis lebih lambat dibandingkan dengan versi MS-DOS. Tapi, MS-DOS versi 4.0 adalah versi MS-DOS pertama yang benar-benar sama seperti IBM PC-DOS, karena Microsoft sedang berkonsenstrasi untuk mengembangkan sebuah sistem operasi penerus DOS, yang disebut dengan OS/2. Microsoft, ketika melisensikan DOS kepada IBM, menandatangani perjanjian lisensi yang salah satu poinnya mengandung bahwa Microsoft boleh melisensikan MS-DOS kepada perusahaan selain IBM, dan para perusahaan tersebut dipersilakan mengubah nama MS-DOS menjadi nama yang mereka gunakan (contoh: TandyDOS, Compaq DOS, dan lainnya). Kebanyakan versi-versi tersebut tentu saja sama dengan versi yang telah dikembangkan oleh Microsoft dengan MS-DOS-nya, tapi Microsoft mulai mencabut perjanjian lisensinya.

http://www.acehforum.or.id/showthread.php?29014-Perkembangan-dos

10
Games / Getamped-r
« pada: November 13, 2010, 01:25:18 AM »
dr sekian Thread d sne gk ad yg bahas game ini sama skali  :'( .
Klo kpn2 ad newbie ato yg udh senior yg main gnean, bahas lah bug'a kek acc baru'a kek pokok'a ngobrolin gnean

by [KiLLeR]Fauzi  8)

Halaman: [1] 2