Penulis Topik: Tanya penggunaan Fan  (Dibaca 11706 kali)

Offline abahsis

  • Pro1
  • *
  • Tulisan: 2
  • Reputation: +32/-0
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Alat Kesehatan, Herbal, Diet & Nutrisi
Tanya penggunaan Fan
« pada: November 19, 2011, 05:13:34 PM »
Dear Master,

Mau tanya apakah penggunaan fan efektif menurunkan suhu pada laptop? mana posisi yg terbaik sedot atau tiup..?

Terimakasih atas masukannya


Offline Deny MiniDwarf

  • Pro500
  • ******
  • Tulisan: 2.061
  • Reputation: +65535/-1
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Tanya penggunaan Fan
« Jawab #1 pada: November 19, 2011, 08:06:42 PM »
Dear Master,

Mau tanya apakah penggunaan fan efektif menurunkan suhu pada laptop? mana posisi yg terbaik sedot atau tiup..?

Terimakasih atas masukannya
efektif tadi tidak signifikan,maksutnya apabila kita memakai cooling fan maka panas dari body bawah laptop akan dikurangi oleh hembusan fan/kipas tsb.
karena bentuk tutup casing belakan laptop yang rapat( sedikit lubang )maka anginnya tidak dapat secara langsung meniup komponen-2 yang ada di dalamnya seperti prosesor atau motherboard sebagai sumber panasnya.

posisi terbaik adalah meniup,anginnya menghembus langsung ke casing laptop.
sebenarnya sih menggunakan cooling fan dalam mendinginkan tidak terlalu membawa hasil yang signifikan. kalo mau yang terbaik, ganti kipas procesornya..:D
[spoiler=SMADAV BLACKLIST]http://smadaver.com/bug-kritik-saran/smadav-blacklist/[/spoiler]

Offline b_agoy

  • Trusted Advisor
  • Pro500
  • *****
  • Tulisan: 4.627
  • Reputation: +65535/-100
  • Jenis kelamin: Pria
  • Let's your food be your medicine...
    • Lihat Profil
    • Bimantoro Site
Re: Tanya penggunaan Fan
« Jawab #2 pada: November 19, 2011, 08:28:05 PM »
Hmm...
Sedikit info aja, selama kipas prosesor ane mati ane ganti ma cooling fan cukup memuaskan tuh. Disini yg perlu saya tekankan adalah jenis cooling fan yg dipakai. Kalo pakai yg kipasnya kecil2 mah emang gak ngatasin :D

Offline Ki@mhu

  • MoMod
  • Pro500
  • *****
  • Tulisan: 1.663
  • Reputation: +791/-0
  • Jenis kelamin: Pria
  • Bodoh + Belajar = Pintar; Pintar - Belajar = Bodoh
    • Lihat Profil
    • My Blog
Re: Tanya penggunaan Fan
« Jawab #3 pada: November 19, 2011, 09:15:39 PM »
Ane c pake kipas maspion yang kecil itu.. Baru terasa.. :)

Offline Deny MiniDwarf

  • Pro500
  • ******
  • Tulisan: 2.061
  • Reputation: +65535/-1
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Tanya penggunaan Fan
« Jawab #4 pada: November 20, 2011, 08:21:26 PM »
Ane c pake kipas maspion yang kecil itu.. Baru terasa.. :)
kenapa gak sekalian diganti ma blower ac..kan lebih maknyus tuh..:D
[spoiler=SMADAV BLACKLIST]http://smadaver.com/bug-kritik-saran/smadav-blacklist/[/spoiler]

Offline Ki@mhu

  • MoMod
  • Pro500
  • *****
  • Tulisan: 1.663
  • Reputation: +791/-0
  • Jenis kelamin: Pria
  • Bodoh + Belajar = Pintar; Pintar - Belajar = Bodoh
    • Lihat Profil
    • My Blog
Re: Tanya penggunaan Fan
« Jawab #5 pada: November 20, 2011, 08:48:54 PM »
Ane c pake kipas maspion yang kecil itu.. Baru terasa.. :)
kenapa gak sekalian diganti ma blower ac..kan lebih maknyus tuh..:D

;D ;D
Kalo pake AC, nanti rebutan ma tuannya.. ;D

Offline Deny MiniDwarf

  • Pro500
  • ******
  • Tulisan: 2.061
  • Reputation: +65535/-1
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Tanya penggunaan Fan
« Jawab #6 pada: November 21, 2011, 01:14:16 PM »
Ane c pake kipas maspion yang kecil itu.. Baru terasa.. :)
kenapa gak sekalian diganti ma blower ac..kan lebih maknyus tuh..:D

;D ;D
Kalo pake AC, nanti rebutan ma tuannya.. ;D
hehehehehhe...back to topic...
[spoiler=SMADAV BLACKLIST]http://smadaver.com/bug-kritik-saran/smadav-blacklist/[/spoiler]

Offline makemsok

  • Pro10
  • ***
  • Tulisan: 87
  • Reputation: +92/-0
    • Lihat Profil
Re: Tanya penggunaan Fan
« Jawab #7 pada: Januari 18, 2012, 01:16:33 PM »
Dear Master,

Mau tanya apakah penggunaan fan efektif menurunkan suhu pada laptop? mana posisi yg terbaik sedot atau tiup..?

Terimakasih atas masukannya


kalo gak salah harus kedua nyasedot dan buang

Offline saipul djamil

  • Pro100
  • ****
  • Tulisan: 142
  • Reputation: +138/-0
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Tanya penggunaan Fan
« Jawab #8 pada: Januari 18, 2012, 02:48:45 PM »
ditiup ada pasti lebih bagus :)

Offline AryaBhumi

  • Pro10
  • ***
  • Tulisan: 69
  • Reputation: +95/-0
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Tanya penggunaan Fan
« Jawab #9 pada: September 20, 2012, 12:12:11 PM »
Kalo udah panas berarti ya udahan dulu pakenya........ :-bd