Penulis Topik: sekedar info(Fungsi Microsoft .net framework)  (Dibaca 2761 kali)

Offline arjunasupriyadi

  • Pro500
  • ******
  • Tulisan: 600
  • Reputation: +493/-0
  • Jenis kelamin: Pria
  • ojo dumeh yen wis pinter lan sugeh
    • Lihat Profil
sekedar info(Fungsi Microsoft .net framework)
« pada: April 25, 2012, 02:43:58 PM »
kemaren ane instal ulang windows xp gan.trus dilanjut instal driver.Tiba-tiba muncul pesan kalau saya harus menginstal Microsoft .net framework 2.0. Saya bingung, apa fungsi dari MS.net framework itu? Ternyata, Ms.net framework mempunyai fungsi utama yaitu untuk mempermudah peng-codingan dan eksekusi perintah.

Maksudnya, .nf memiliki ratusan kode perintah "standar" yang sering digunakan programer dalam membuat program untuk environment windows. saking seringnya, ga asik banget kalo setiap program yang kamu pake, harus ada banyak "kode" yang sama. Misalnya seperti "SAVE AS". mungkin hampir di setiap program yang memungkinkan kita menyimpan data, akan ada SAVE AS. dan nggak asik banget, kalo untuk menambahkan sebuah SAVE AS aja, butuh ratusan line.

Line-line tersebut misalnya akan memakan file 100kb, sedangkan program yang menggunakan perintah SAVE AS ada minimal 10 buah yang ada di komputer. Berarti kode SAVE AS yang sama ditulis 10 kali, dengan kapasitas 10 kali alias +-1MB. Nah berapa kode lain yang sama? Seperti copy, paste, dll... Untuk "merampingkan" kode tersebut. microsoft, membuat .net framework. Jadi coder cukup menuliskan hal hal seperti "jalankan perintah save as di .net framework". tidak perlu membuat berbaris baris lagi kode...

sumber ini dari mbah google.tapi saya lupa detailnya gan.sorry
gw cuma pengen nambah teman dan saudara

Offline Ran_TH

  • Trusted Advisor
  • Pro500
  • *****
  • Tulisan: 3.463
  • Reputation: +41562/-86
  • Jenis kelamin: Pria
  • No place for Junkers in this forum!
    • Lihat Profil
    • D-One Production
Re: sekedar info(Fungsi Microsoft .net framework)
« Jawab #1 pada: April 25, 2012, 04:48:49 PM »
Nice info :)
Framework semacam .NET memang memudahkan programmer dalam pemrograman karena fungsi-fungsi sudah didefinisikan sehingga programmer tidak perlu menulis dan mengulang banyak kode....tapi efek samping yg lumayan mengganggu adalah karena user harus menginstall .NET Framework terlebih dahulu kalau ingin menjalankan programnya.

Bagi pengguna Windows 7 mungkin sudah tidak menjadi masalah karena .NET Framework sudah terinstall secara default, tapi bagi pengguna XP masih lumayan merepotkan juga. Tampaknya Microsoft memang ingin men-drop support untuk aplikasi2 lama dan menjadikan .NET sebagai standar pemrograman, sama seperti Visual Basic dulu :)