Penulis Topik: SMAD-Lock TANPA konfirmasi adalah tindakan MALWARING dan MERUGIKAN  (Dibaca 20721 kali)

Offline Jastis

  • Trusted Advisor
  • Pro500
  • *****
  • Tulisan: 3.558
  • Reputation: +61865/-241
  • Jenis kelamin: Pria
  • https://cariakibatsebab.blogspot.co.id/
    • Lihat Profil
    • REY COMPUTER
Re: SMAD-Lock TANPA konfirmasi adalah tindakan MALWARING dan MERUGIKAN
« Jawab #70 pada: November 02, 2009, 10:05:14 AM »
Dari solusi yang Zai berikan (Asumpsi saya autorun.inf ditulis dulu baru ada notifikasi), saya rasa ini kurang baik dengan adanya beberapa pertimbangan:
- autorun.inf masih dipakai oleh beberapa pengguna flash disk tertentu untuk mengaktifkan fitur security atau hi-speed Transfer. Dengan hilangnya autrun.inf, sering user awam bingung karena decriptornya tidak jalan sehingga filenya tidak dapat diambil. (Yang dirugikan bisa SMADAVer dan NonSMADAV)
- Kadang user sendiri tidak telaten melihat notifikasi, sehingga mereka mengabaikan notifikasi pemasangan SMAD-Lock. (Yang dirugikan nonSMADAV)


Dari beberapa saran, baik SMADAV user dan non SMADAV user saya memberikan 2 alternatif saran:

1. SMAD-Lock aktif bersama Real-Time Protectionnya, tapi setiap kali ada Flash Disk masuk RTP akan memeriksa kehadiran SMAD-Lock. Bila Tidak menemukan SMAD-Lock, maka akan ada konfirmasi visual yang menanyakan apakah mereka mau mengunakan SMAD-Lock pada Flash Disk tersebut. Bila mereka mau, baru SMAD-Lock dibuat.

Pertimbangan Teknis SMAD-Lock bila digabung dalam Real-Time Protection
- Hak kepemilikian Flash Disk tersebut (Supaya tidak menjadi masalah pada nonSMADAV)
- Beberapa AntiVirus Tidak bisa kompromi dengan SMAD-Lock. Yang pernah saya denger itu Kaspersky dan USB Vacine dari Panda.

Hambatan:
- Kadang User malas membaca notifikasi.


2. SMAD-Lock pisah dari Real-Time Protection (Dibuat tab terpisah) Maaf saya hanya melihat tampilan dari SMADAV. Dengan demikian sudah pasti SMAD-Lock hanya dipakai oleh Flash Disk SMADAVer sendiri dan tidak perlu menyinggung Flash Disk lain yang bukan miliknya, kecuali atas permintaan yang punya FLash Disk.

Pertimbangan Teknis:
- Administrasi SMAD-Lock lebih mudah dan hanya dipakai sesuai kehendak SMADAVer. Karena tidak akan muncul notifikasi setiap kali ada FLash Disk dari nonSMADAV.

Hambatan:
- Sering User malas mengeksplorasi fitur pada AntiVirus, yang mereka tahu hanya SCAN saja.


Masih ada alternatif perlindungan Flash Disk terhadap autorun.inf.
1. RTP melakukan scanning, bila tidak ada virus signature maka SMADAV akan menampilkan konfirmasi peringatan akan apa yang akan dijalankan oleh autorun.inf. Disini adalah tingkat user action, mereka bisa memilih untuk menjalankan autorun.inf, mengabaikan atau malah menghapusnya.
2. Saya tujukan kepada para kaum IT, sebenarnya tidak ada AntiVirus yang bisa sempurna mengamankan PC dari malicious apapun. Secanggih apapun AntiVirusnya, PC akan tetap kemasukan malicious product karena kesalahan tabiat user. Mendidik User adalah cara yang terbaik. Silakan SMADAV menambahkan Knowledge base pada AntiVirusnya entah itu mau berisi data tentang virus atau seputar kemanan PC.

Bagi anda kaum SMADAVer, jangan hanya terpacu pada forum ini, coba masuk, dan ikutilah diskusi di berbagai forum. Saya ikut 3 forum, CHIP, HDDStudio.net dan Tech Suport Forum (ketiga forum ini sifatnya netral). Disana akan kaya sekali dengan isu-isu seputar IT yang penting dan tidak penting.

Mendidik Newbies lebih baik dari pada memberi mereka AntiVirus yang canggih.

Bagi SMADAV Developer bukan berarti saya Anti dengan AntiVirus. AntiVirus harus tetap berkembang, karena AntiVirus sendiri merupakan garis depan melawan produk malicious. Dan lagipula, malicious yang akan datang tidak serta merta akan menyerang SMADAVer dan menantang kemampuan SMADAV.

terima kasih mas masukkannya...ada beberapa forum yg saya ikutin,dan hanya ini yang sangat fantastic untuk kritik dan saran anda...
Salut buat anda....

Offline RefrizaL

  • dr.Refri,Sp.V
  • Trusted Advisor
  • Pro500
  • *****
  • Tulisan: 926
  • Reputation: +1784/-0
  • Jenis kelamin: Pria
  • _Mother Always In My Hearth_
    • Lihat Profil
Re: SMAD-Lock TANPA konfirmasi adalah tindakan MALWARING dan MERUGIKAN
« Jawab #71 pada: November 02, 2009, 05:40:38 PM »
BTW, sebagai momod forum, setahu saya facebook milik smadAV tidak ada momodnya... karena tujuan awalnya hanya untuk memudahkan pemberitaan launching rev. terbaru, sebagai sarana untuk mengajak smadaver bergabung ke forum smadav dll serta untuk menyatukan komunitas smadaver dalam jejaring sosial..
saya sendiri tidak sanggup membaca testimonial yg hingga mencapai ribuan.. :D.
klo teman2 ada masalah mengenai smadav bisa di konsultasikan di forum ini. jgn konsultasi di facebook, karena smadaver dan admin yang aktif, aktifnya cuma di forum, jarang sekali ke facebook..
jadi terima kasih untuk teman2 yang sudah aktif di forum ini.
Indonesia akan memiliki Antivirus Terbaik Karya Anak Bangsa