SEO (Search Engine Optimization) sebenarnya concept-nya cukup simple. Misalnya, anda sedang mencari toko elektronik di area Surabaya dan mulai mengetik keyword "Toko Elektronik Surabaya" pada halaman pencarian google. Maka Google otomatis akan menampilkan ribuan, bahkan jutaan website yang relevant dengan kata kunci tersebut. Nah, dari jutaan website yang ada, hanya sebagian kecil yang ditampilkan di halaman pertama, sedangkan website lainnya muncul di halaman kedua dan seterusnya.
Pertanyaannya bagaimana Google menentukan website mana yang tampil paling depan atau di halaman paling terakhir? Urutan ini ditentukan oleh algoritma "PageRank" yang diambil dari nama belakang dari founder Google, Larry Page.
Sampai hari ini Algoritma PageRank memiliki 2 faktor penentu terbesar
1. Relevance: berbicara mengenai apakah content dari website anda relevan dengan keyword yang dicari. Ini berhubungan dengan On-Page SEO. Anda bisa memulai dengan research keyword yang sesuai untuk website anda. Beberapa tools seperti moz / neilpatel / semrush dapat sangat membantu untuk keyword research. Setelah menemukan keyword yang tepat, anda dapat optimize website anda sesuai keywords tersebut menggunakan
On-Page SEO Strategy2. Links: semakin banyak referensi / links yang dimiliki oleh website anda, semakin tinggi ranking website anda. Qualitas dari link tentunya juga berpengaruh kepada ranking. Akan sangat beda jika backlink didapat dari article cnn vs. blog article yang ditulis oleh blogger tidak ternama. Lalu bagaimana kita bisa mendapatkan link yang berkualitas? Kuncinya adalah
quality content seperti menuliskan blogpost, case study, dan sebagainya.
--
Joseph
NurosoftFlits