Teknologi Komputer dan Internet > Delphi/Pascal

Lazarus/Freepascal

(1/2) > >>

Masdio:


Lazarus adalah lingkungan pengembangan terpadu (LPT) sumber terbuka bagi pengguna bahasa pemrograman Pascal dan Object Pascal yang menyediakan lingkungan pengembangan yang mirip dengan Delphi. LPT ini dibangun untuk dan didukung oleh kompilator Free Pascal (FPC). Mempunyai moto Write Once Compile Anywhere artinya hanya dengan sebuah kode sumber program dapat dikompilasi di semua platform OS (Windows, Linux, Mac OS dan lain-lain.) dan arsitektur (i386, x86_64, arm dan lain-lain) yang didukung. Kompilasi silang juga dapat dilakukan.
Lazarus dibangun di atas kerangka yang juga digunakan untuk menghasilkan aplikasi yang dibuat di atasnya, yaitu Lazarus Component Library (LCL). Baik Lazarus maupun LCL murni ditulis dalam bahasa Object Pascal. LCL ini merupakan abstraksi untuk berbagai pustaka grafis yang digunakan untuk menampilkan antarmuka dari aplikasi. Saat ini, terdapat beberapa pustaka grafis yang didukung, di antaranya:


Pustaka   Status
Windows API   Stabil
GTK1   Usang
GTK2   Stabil
GTK3   Tahap awal
Qt   Stabil
Cocoa   Tahap awal
Carbon   Stabil
fpGUI   Tahap awal

Untuk mempermudah pembuatan grafis bagi lingkungan baru (misalnya Android), sedang dikembangkan pula pustaka Custom Drawn yang hanya memanfaatkan kemampuan paling dasar sistem operasi untuk menggambar. Semua tombol, kotak isian, gambar, dan kendali lain-lain penggambaran dan penanganan kejadiannya dilakukan oleh pustaka.

Distribusi dan Lisensi

Seperti Free Pascal, Lazarus adalah perangkat lunak bebas. Bagian yang berbeda didistribusikan di bawah lisensi perangkat lunak bebas yang berbeda, termasuk GPL, LGPL, MPL, dan versi modifikasi dari LGPL.
Secara khusus, LCL, yang statis dibangun ke dalam executable yang dihasilkan, dilisensikan di bawah versi modifikasi dari LGPL, pemberian izin tambahan yang memungkinkan untuk pengembangan statis ke dalam perangkat lunak yang dihasilkan, termasuk yang berpemilik.
Perhatikan bahwa menginstal paket desain-waktu setara dengan menghubungkannya ke IDE. Dengan demikian, mendistribusikan Lazarus IDE dengan paket desain-waktu GPL yang tidak kompatibel (misalnya paket JEDI, yang dilisensikan dengan lisensi Mozilla Public License), dalam pra-instal akan menyebabkan pelanggaran lisensi. Meskipun perangkat lunak ini tidak melarang paket pribadi(yang memiliki pemilik) yang sedang dikembangkan dengan Lazarus.

Apa sih menurut ane hebatnya Lazarus;
1. Lazarus itu mantap bisa berjalan dibanyak OS, dan meng-compile diberbagai platform (istilahnya "Write Once, Compile Everywhere")
2. Gratis :D Walaupun opensource, tapi Lazarus tidak mengharuskan untuk meng-opensourcekan aplikasi yang dibuild dengan Lazarus, selain itu kita tetep bisa menjual aplikasi yg dibuild tersebut. :-bd
3. Umum. Karena komponen-komponennya mirip Delphi jadi bagi programmer Delphi yang udah bosan pake Bajakan sudah gak belepotan ganti ke Lazarus :P (Walau gak sesempurna yang diharapkan). Projek Delphi juga bisa diconvert ke Lazarus (Walau hasilnya kadang kacau-balau) =))

Gosip tentang Lazarus;
1. Full of bug; b*tch please, Opensource dibangun secara kolaboratif (bersama-sama/suka-rela) pasti kadang banyak bug. Tapi semua bisa digantikan dengan dukungan Platform yang banyak!  :-X :-bd

Sekalian promo  :P
http://www.affriza-ext.tk/2012/10/sourcecode-editor-teks-dengan-lazarus-freepascal-ide/
http://www.affriza-ext.tk/2012/10/strategi-memilih-bahasa-pemrogramman-untuk-pemula/
http://www.affriza-ext.tk/afsav/ AFSAV juga pake Lazarus  :-bd

HyperLinx:
Write Once, Compile Everywhere = hanya berlaku kalau menggunakan fungsi RTL bawaan, tidak berlaku kalau masih ada menggunakan Windows API.
beda kalau dibandingkan sama motto Java "Write Once, Run Anywhere". Sekali tulis, lalu compile jalan disemua platform.


gelar lapak dulu deh, siapa tahu ada pembahasan yang menarik disini :)

Masdio:

--- Kutip dari: HyperLinx pada Juli 06, 2013, 04:23:35 PM ---Write Once, Compile Everywhere = hanya berlaku kalau menggunakan fungsi RTL bawaan, tidak berlaku kalau masih ada menggunakan Windows API.
beda kalau dibandingkan sama motto Java "Write Once, Run Anywhere". Sekali tulis, lalu compile jalan disemua platform.


gelar lapak dulu deh, siapa tahu ada pembahasan yang menarik disini :)

--- Akhir Kutipan ---
Kan bener gan, compilenya doank bisa di platform masing-masing (Compile Anywhere). Kalo mau juga bisa bikin sendiri custom RTLnya misal untuk bikin OS.

PunyaNama:
hahaha....., bahasa pemrograman kedua yang diinstal di lapie ane
tapi gak pernah di pake, gak ngerti gan... (bayangkan, yang satunya lagi aja cuma scratch, ane gak bisa)
ada yang bisa ngasih tau gimana cara belajar ni dari awal? ???

Masdio:

--- Kutip dari: PunyaNama pada Agustus 06, 2013, 11:49:04 AM ---hahaha....., bahasa pemrograman kedua yang diinstal di lapie ane
tapi gak pernah di pake, gak ngerti gan... (bayangkan, yang satunya lagi aja cuma scratch, ane gak bisa)
ada yang bisa ngasih tau gimana cara belajar ni dari awal? ???

--- Akhir Kutipan ---

Ke link ini aja gan... http://www.schoolfreeware.com/Free_Pascal_Tutorials.html dan ini http://www.schoolfreeware.com/Free_Pascal_Lazarus_App_GUI_Tutorials_With_Example_Code_.html  :D

 Kalo mau tau kumpulan code, unit-unitnya, nyari package/extension bisa ke sini wiki.freepascal.org  :-bd

Navigasi

[0] Indeks Pesan

[#] Halaman berikutnya

Ke versi lengkap