Penulis Topik: 4 Manfaat Mengetahui Masa Subur Wanita  (Dibaca 827 kali)

Offline aanbae

  • Pro3
  • **
  • Tulisan: 4
  • Reputation: 33
    • Lihat Profil
    • seojakarta.net
4 Manfaat Mengetahui Masa Subur Wanita
« pada: April 12, 2019, 02:32:32 PM »
Dalam dunia wanita dikenal dengan masa subur yang merupakan bagian siklus wanita selain menstruasi. Masa subur ini juga sangat erat hubungannya dengan kehamilan dan proses untuk mendapatkan anak. Sehingga banyak pasangan yang akan memaksimalkan berhubungan seks pada masa subur ini untuk cepat mendapatkan bayi. Masa subur ini adalah masa dimana wanita melepaskan sel telur yang telah matang dan siap untuk dibuahi oleh sperma sehingga akan mempunyai kemungkinan lebih besar mendapatkan momongan. Masa subur ini juga dikenal sebagai masa ovulasi yang masanya sekitar hari ke 10 hingga ke 17 setelah hari pertama menstruasi. Sehingga menghitung masa subur dengan tepat memang sangat penting karena bisa mempunyai beberapa manfaat. Seperti empat manfaat yang didapatkan apabila mengetahui masa subur dengan tepat dari perhitungan kalkulator masa subur adalah:

1. Bermanfaat untuk program hamil
Manfaat pertama dari mengetahui masa subur dengan tepat seperti yang telah dijelaskan di atas adalah dapat untuk membantu program hamil. Waktu ovulasi ini dapat dimaksimalkan sebagai waktu untuk mendapatkan momongan karena sel telur sudah matang siap dibuahi. Oleh karena itulah bagi Anda yang ingin hamil bisa melakukan perhitungan yang tepat dengan kalkulator masa subur atau juga berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan waktu ovulasi yang tepat.

2. Acuan berhubungan seks
Manfaat selanjutnya adalah dapat untuk mengoptimalkan waktu melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Pada masa ovulasi atau masa subur wanita ini memang penting untuk dimaksimalkan apabila ingin mempunyai anak dengan segera. Sehingga saat masa ovulasi Anda tidak perlu menggunakan alat kontrasepsi. Selain itu juga sangat efektif untuk menjadi acuan agar bisa menambah frekuensi melakukan hubungan seksual saat menginjak masa subur. Oleh karena itulah Anda perlu menghitung masa subur untuk mengetahui kapan datangnya masa ovulasi dengan tepat.

3. KB alami
Manfaat dari mengetahui masa subur wanita yang didapatkan adalah dapat menjadi kb alami. Dimana hal ini akan bermanfaat untuk pasangan yang mempunyai rencana untuk menunda kehamilan secara alami. Sehingga bisa untuk mengurangi frekuensi hubungan seksual ketika masa subur wanita untuk menurunkan kemungkinan wanita untuk hamil. Peluang hamil wanita saat tidak berhubungan seksual saat masa suburnya memang akan lebih tipis. Oleh karena itulah selain dengan menggunakan alat kontrasepsi, mengetahui masa subur wanita juga dapat digunakan sebagai kb alami untuk pasangan.

4. Mengidentifikasi kemandulan
Manfaat lainnya dari mengetahui masa subur wanita dengan menghitungnya secara tepat adalah bisa untuk mengidentifikasi kemandulan. Apabila sudah melakukan hubungan seksual saat masa ovulasi tetapi tidak kunjung mendapatkan momongan maka mungkin ada masalah infertilitas. Sehingga hal tersebut membutuhkan perawatan yang tepat dan bisa langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk mendapatkan solusi agar wanita cepat hamil dan bisa mendapatkan momongan.