Penulis Topik: Peluang Waralaba Vs Peluang Bisnis: Pro dan Kontra  (Dibaca 251 kali)

Offline kingsaladin05

  • Pro3
  • **
  • Tulisan: 6
  • Reputation: 0
    • Lihat Profil
Peluang Waralaba Vs Peluang Bisnis: Pro dan Kontra
« pada: Agustus 14, 2019, 11:45:39 PM »
Jadi, Anda telah memutuskan untuk menjadi bos Anda sendiri daripada bekerja untuk orang lain seumur hidup Anda. Bagus untukmu! Banyak keputusan akan muncul sebelum Anda melakukan setoran pertama atau menempelkan uang dolar pertama di dinding di sebelah mesin kasir Anda. Memilih jenis bisnis yang ingin Anda operasikan berada di urutan teratas - eceran versus grosir dan yang terkait dengan layanan versus berorientasi produk - serta industri spesifik yang Anda rencanakan untuk masuk atau jenis pekerjaan yang ingin Anda lakukan. Tetapi memilih antara dua kategori utama wirausaha sangat tinggi dalam daftar itu - membeli peluang usaha yang bertentangan dengan peluang waralaba.

Apa itu Waralaba?

Banyak perusahaan AS, terutama yang berada di sektor ritel, menyediakan barang dan jasa melalui franchisee. Jika itu adalah merek nasional, kemungkinan besar pemilik perusahaan tersebut telah membeli hak untuk mengoperasikannya dari perusahaan induk. Restoran cepat saji adalah salah satu kategori utama, tetapi konsep ini mencakup segala hal mulai dari bengkel mobil dan pusat penitipan anak hingga klinik hewan keliling dan layanan pembersihan rumah. Dengan membayar biaya di muka, ditambah mungkin persentase dari pendapatan kotor bulanan Anda untuk lisensi berkelanjutan, Anda memiliki kesempatan untuk menjadi operator independen dengan dukungan penuh dari sebuah perusahaan besar.

Apa itu Peluang Bisnis?

Peluang bisnis jauh lebih tidak terstruktur daripada yang setara dengan waralaba. Anda diberi informasi dasar tentang industri dan cara beroperasi di dalamnya, tetapi Anda tidak berkewajiban mempromosikan merek tertentu atau melakukan bisnis dengan cara tertentu atau terkontrol.

Manfaat Peluang Waralaba

Dengan membeli waralaba, Anda mendapatkan pengakuan dan kredibilitas nama langsung. Tidak ada yang mempertanyakan fakta bahwa Dairy Queen adalah tempat yang tepat untuk membeli suguhan es krim soft-service. Karena perusahaan induk diinvestasikan untuk menjadikan bisnis Anda sukses - mereka tidak dapat mengumpulkan pembayaran bulanan atau menggunakan Anda sebagai referensi untuk franchisee baru jika Anda keluar dari bisnis - mereka menyediakan pelatihan awal dan berkelanjutan, iklan regional atau nasional kampanye, dan metode bisnis yang teruji dengan baik yang dijamin akan berhasil. Jika bisnis membutuhkan etalase, perusahaan biasanya akan membantu Anda menemukan tempat yang bagus dengan banyak lalu lintas, dan bahkan mungkin menawarkan semacam pengaturan pembiayaan. Apakah bisnis memerlukan persediaan atau inventaris khusus? Anda mungkin akan ditawari diskon signifikan,

Kelemahan dari Peluang Waralaba

Franchisor yang sah tidak akan memungkinkan Anda untuk membeli ke dalam sistem mereka kecuali Anda melewati proses peninjauan yang ketat, yang biasanya mencakup analisis yang cermat tentang keuangan Anda, pengalaman bisnis Anda, dan kesediaan Anda untuk menerima semua aturan dan peraturan mereka tanpa pertanyaan. Sebagian besar biaya waralaba dapat mencapai puluhan ribu dolar, ditambah Anda harus mengeluarkan uang tambahan untuk peralatan, persediaan, dan lokasi untuk beroperasi - kecuali jika Anda terlibat dalam bisnis seluler (yang mungkin masih membutuhkan kendaraan khusus) atau dua) atau satu Anda bekerja dari rumah. Sebagian penghasilan Anda setiap bulan akan digunakan untuk biaya lisensi, dibayarkan ke kantor pusat, dan Anda juga mungkin diharuskan berbagi beberapa biaya pemasaran.

Manfaat Peluang Bisnis

Anda biasanya akan menghabiskan lebih sedikit uang untuk memperoleh peluang bisnis daripada peluang waralaba. Menurut definisi saja, tidak ada biaya waralaba dimuka, ditambah Anda biasanya menyimpan semua pendapatan Anda daripada membayar biaya waralaba atau royalti yang sedang berlangsung. Anda bebas memilih nama bisnis apa pun yang Anda suka, dan bahkan bercabang ke area lain sesuai kebutuhan di komunitas. Misalnya, jika Anda membeli waralaba makanan cepat saji hamburger, Anda hanya bisa menyajikan barang-barang di daftar "disetujui". Dengan membeli peluang bisnis, jika Anda suka pai - yah, Anda bisa menjual pai apa pun yang Anda inginkan. Anda juga dapat beroperasi hampir di mana saja tanpa takut menginjak kaki orang lain. Waralaba dapat memiliki beberapa pedoman teritorial yang sangat ketat.

Kelemahan dari Peluang Bisnis

Akuisisi peluang bisnis jarang memberi Anda opsi untuk menggunakan merek dagang, nama merek, atau elemen lain yang mudah diidentifikasi oleh publik pembeli. Kebebasan Anda untuk melakukan hal-hal dengan cara Anda sendiri juga berarti peluang Anda untuk sukses sepenuhnya terletak pada kemampuan Anda untuk menjalankan bisnis. Tidak ada dukungan kantor pusat, tidak ada daya beli besar untuk peralatan, inventaris atau persediaan, dan tidak ada pemilik bisnis lain untuk berkonsultasi ketika Anda dihadapkan dengan masalah yang perlu diselesaikan. Dalam arti yang sangat nyata, Anda sendirian.

Garis bawah

Dalam banyak hal, memutuskan antara waralaba dan peluang bisnis bermuara pada dua faktor utama - berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan, dan kepribadian seperti apa yang Anda miliki. Pengikut aturan bisa menjadi franchisee yang hebat, sementara orang yang suka pergi ke arah mereka sendiri - mungkin tidak begitu banyak. Pastikan untuk menimbang semua faktor sebelum Anda memutuskan mana yang terbaik untuk Anda.